Pencarian populer

Ribuan ATM Bank Mandiri Eror Gara-gara Satelit Telkom 1 Gangguan

Gedung Bank Mandiri di Jakarta. (Foto: Wikimedia Commons)

Perusahaaan telekomunikasi Telkom mengakui ada masalah dengan satelit Telkom 1 sejak Jumat sore (25/8) yang berpengaruh ke layanan yang dipakai konsumen, namun untuk saat ini layanan tersebut sudah berangsur normal.

Meski demikian, akibat gangguan tersebut berdampak pada layanan perbankan di Indonesia, salah satunya PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, sekitar 2.000 ATM Bank Mandiri di seluruh Indonesia mengalami gangguan akibat kerusakan Satelit Telkom 1 tersebut.

"Iya 2 ribuan ATM kita down, dan kita saat ini sedang switch menggunakan GSM," kata Rohan kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (26/8).

Namun, tidak semua ATM Bank Mandiri terdampak akibat gangguan Satelit Telkom 1 tersebut.

"(2 ribuan ATM kita down) Seluruh Indonesia untuk ATM yang menggunakan VSAT. ATM yang menggunakan GSM atau broadband lain tidak mengalami gangguan," jelas dia.

Rohan menjelaskan, gangguan tersebut terjadi sejak tadi pagi dan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Telkom untuk memulihkan gangguan yang terjadi.

"Sejak tadi pagi dan kita juga masih berkoordinasi dengan Telkom untuk solusi. Yang terdampak sekitar 2 ribu ATM dari total 17.695 ATM yang dimiliki Bank Mandiri," imbuhnya.

Meski demikian, Rohan mengaku, tak banyak komplain dari nasabah terkait gangguan ini.

"Mungkin karena penggunaan mobile dan internet banking cukup banyak dan ATM di kota-kota besar biasanya juga menggunakan jaringan broadband atau GSM, maka tidak banyak komplain nasabah," tandasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23