• 2

Sejumlah Kepala Daerah Belajar Ekonomi di BI

Sejumlah Kepala Daerah Belajar Ekonomi di BI



Deputi Gubernur BI, Sugeng

Deputi Gubernur BI, Sugeng (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
Bank Indonesia (BI) mengadakan kegiatan pembelajaran bagi perwakilan Kepala Daerah di Indonesia bertajuk "Economic Leadership for Regional Government Leader" di Gedung D BI Institue, Jakarta, Senin (8/5).
Dalam kegiatan tersebut, ada 27 peserta perwakilan Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Kepala Perwakilan BI di beberapa wilayah.
Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen BI dalam pembangunan sumber daya manusia dan kualitas perwakilan daerah, tidak hanya profesionalitasnya, namun juga jiwa kepemimpinan. Apalagi ke depannya tantangan pembangunan nasional semakin tidak mudah.
"Dampak krisis ekonomi 2008-2009 masih terasa impilikasinya di ekonomi nasional dan daerah, ini jadi perhatian ke depan daya tahan ekonomi kita secara nasional dan daerah semakin kuat," ujar Sugeng di Gedung D BI Institute, Jakarta, Senin (8/5).
Ia mengatakan, ekonomi global tentunya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan berdampak pada harga komoditas global. Hal ini juga mempengaruhi perekonomian di daerah Indonesia, terutama daerah yang mengandalkan sektor sumber daya alam.
"Akan ada dampaknya di ekonomi daerah kita, Aceh, Riau, Kaltim, Papua, Sumatera, akan merasakan perlambatan daerah karena permasalahan struktural yaitu terbatasnya diversifikasi dan menipisnya cadangan sumber daya alam," sebut dia.
Sugeng menyebutkan, rata-rata ekonomi Sumatera dan Kalimantan dari 2014-2016 masing-masing 4,2 persen dan 2,3 persen, jauh dari Jawa, Bali, dan Sulawesi yang masing-masing sebesar 5,2 persen, 7,4 persen, dan 7,1 persen.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur BI Institute Solikin M Juhro menambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud BI untuk mendukung dan mendorong Kepala Daerah di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan perekonomian regional. Selain itu, kegiatan tersebut sebagai bentuk BI memberikan pembekalan pengetahuan ekonomi bagi para perwakilan daerah.
"Pembekalan kali ini terdiri akan dilakukan dalam tiga hari, pembelajaran ekonomi moneter, fiskal, dan riil," jelas Solikin.
Dalam kegiatan tersebut, hadir juga perwakilan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany, dan beberapa Kepala Perwakilan BI daerah lainnya.

Teman Ramadhan Kamu

ramadhan

Tanya kumparan

ramadhan

Berbagi Kebaikan

ramadhan

Tips Ramadhan

ramadhan

Masak Kilat

ramadhan

Seleb Hijab


Bank IndonesiaEkonomiKeuanganMoneterPapua

500

Baca Lainnya