• 5

Sri Mulyani: Anggaran Pemerintah Dipakai untuk Program Prioritas

Sri Mulyani: Anggaran Pemerintah Dipakai untuk Program Prioritas



Kuliah umum Sri Mulyani

Kuliah umum Sri Mulyani. (Foto: Edy Sofyan/kumparan)

Kementerian Keuangan memastikan anggaran yang dikeluarkan benar-benar digunakan untuk program prioritas pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai acara Musyarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017.
Sri Mulyani menuturkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Bappenas dan kementerian/lembaga terkait agar anggaran bisa digunakan untuk program prioritas pemerintah. Sementara untuk di daerah, pihaknya akan melihat instrumen pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
"DAK (Dana Alokasi Khusus) bisa kami sesuaikan dengan prioritas nasional karena memang ditujukan untuk membuat daerah-daerah itu mengejar ketertinggalan dan mengisi prioritas nasional dengan proyek-proyek di daerah," ujar Sri Mulyani di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4).

Jokowi dan Sri Mulyani di Istana

Jokowi dan Sri Mulyani di Istana. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Ia juga mengatakan, saat ini Presiden Jokowi selalu mengadakan pertemuan rutin dengan para gubernur untuk mereview program prioritas.
"Proyek-proyek yang ada di prioritas nasional nanti dilihat dari sisi lokasi dan kesesuaiannya, dari sisi infrastruktur penunjangnya yang lain. Sehingga itu akan memberikan kemungkinan untuk makin sinkron, seperti tadi disebutkan Pak Presiden, terkoordinasi di antara pusat dan daerah," jelasnya.
Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, yang paling penting saat ini yakni menjadikan Indonesia sebagai negara yang besar dan semua peraturan di pusat dan daerah bisa terintegrasi.
"Bukan semuanya berlomba-lomba membuat peraturan yang semakin membuat Indonesia tidak terintegrasi, tetapi malah terpecah-pecah menjadi berbagai daerah yang kemudian mengurangi daya saing kita sendiri," pungkasnya.

Sri MulyaniAnggaranPemerintahanMusrenbangnasEkonomi

presentation
500

Baca Lainnya