• 2

Sri Mulyani Belum Berencana Bawa Hasil Dialog Perpajakan ke DPR

Sri Mulyani Belum Berencana Bawa Hasil Dialog Perpajakan ke DPR


Dialog Perpajakan oleh Dirjen Pajak

Dialog Perpajakan oleh Dirjen Pajak (Foto: Muchammad Resya Firmansyah/kumparan)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini telah mengadakan dialog perpajakan dengan penulis dan pelaku seni lainnya. Acara tersebut dihadiri sekitar 430 orang pekerja seni, seperti Dewi Lestari, Goenawan Mohamad, Glenn Fredly, dan lainnya.
Namun, Tere Liye, penulis yang merasa dibebankan oleh besaran tarif pajak royalti bagi penulis tersebut justru tak hadir.
Pada pertemuan teesebut, Dewi Lestari meminta pemerintah agar bisa meninjau ulang fasilitas Norma Penghitungan Penghasilan Netto (NPPN) bagi penulis.

"Kalau saya pribadi NPPN ditinjau ulang. Kalau buat penulis biaya produksi pasti ada, besar atau kecil tergantung dari jenis buku yang dia tulis, penulis boga misalnya. Dia harus ada foto uji resep, penulis fiksi kalau perlu riset dan sebagainya. Buat saya soal produksi sebetulnya relatif," ujar Dewi Lestari di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (13/9).
Dalam acara tersebut, Sri Mulyani juga menjelaskan secara detail mengenai tata cara perhitungan pajak profesi, salah satunya penulis.
Meski demikian, pihaknya belum berencana untuk membawa hasil dialog selama kurang lebih tiga jam tersebut ke DPR.
"Enggak lah. Belum ada rencana. Ini kan masalah mereka memahami norma 50% fair atau enggak, apakah ada cara lain," jelasnya.

EkonomiSri MulyaniPajak RoyaltiDewi LestariTere Liye

500

Baca Lainnya