• 1

3 Kota dengan Pesta Kembang Api Termegah di Dunia

3 Kota dengan Pesta Kembang Api Termegah di Dunia



Kembang Api

Gif Kembang Api. (Foto: Kumparan)
Pesta pergantian tahun selalu menjadi momen spesial yang dinantikan. Perayaan malam Tahun Baru diidentikkan dengan indahnya kemeriahan kembang api serta tiupan terompet. Kamu salah satu orang yang gemar mengagumi gemerlap kembang api yang menghiasi angkasa pada detik-detik pergantian tahun? kumparan juga. 
Namun di balik semua keindahan yang kamu saksikan, pesta kembang api ternyata menelan biaya yang sangat fantastis, lho. Mau tahu kota mana saja yang rela merogoh kocek dalam demi bisa menyelenggarakan pesta kembang api super megah?
1. Dubai

Kembang Api Dubai (bukan untuk cover)

Dubai habiskan dana miliaran untuk kembang api. (Foto: Thinkstock)
Ya, kota termegah di Uni Emirat Arab ini mencetak rekor dunia dengan mengadakan pesta kembang api termegah di dunia. Tercatat kembang api seberat 1,6 ton ditembakkan ke angkasa dalam durasi 20 menit.
Pada saat yang bersamaan, 400 ribu lampu LED menyala menghiasi gedung pencakar langit tertinggi di dunia Burj Khalifa, membentuk tulisan 2016. Dubai sempat mencatatkan namanya di World Guiness Record sebagai pesta kembang api termahal, yakni US$ 6 juta atau Rp 81 miliar pada 2014 silam.
2. Sydney

Sydney (bukan untuk cover)

Pesta kembang api Sydney Opera House. (Foto: Thinkstock)
Pesta kembang api di Opera House Sydney pada malam pergantian tahun juga enggak kalah menarik. Berlangsung selama 15 menit dan menggunakan 10 kembang api jenis aerial  fireworks, 25 jenis shooting comets, dan 100 ribu kembang api jenis pyrothecnic effects.
Setiap tahunnya, 1,5 juta orang memadati area Opera House untuk menyaksikan kemeriahan pesta. Berbagai penyanyi tersohor dunia seperti Bruno Mars dan James Bay diketahui turut memeriahkan acara ini dan menelan dana hingga Rp 90 miliar.
3. London

London (bukan untuk cover)

Pesta kembang api di London Eye. (Foto: Thinkstock)
Kota dengan Big Ben dan London Eye-nya yang ikonik juga tak kalah luar biasa. Tepat pukul 00.00, 12 ribu kembang api ditembakkan ke angkasa. Menampilkan 400 jenis kembang api dengan 10 ribu letupan, pemandangan ini hanya bisa disaksikan setahun sekali. Pertunjukan memukau ini menghabiskan dana kurang lebih sebesar Rp36,7 miliar. Luar biasa!

TravelTahun BaruPesta Kembang Api

500

Baca Lainnya