Woman
·
13 Januari 2017 12:55

Kenali 11 Makanan Pemicu Diabetes

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kenali 11 Makanan Pemicu Diabetes (399992)
Gula, musuh utama penderita diabetes. (Foto: Thinkstock)
Selama ini kita sangat sering mendengar berita mengenai orang yang meninggal akibat penyakit diabetes atau kencing manis. Faktor utama pemicu penyakit yang belum ada obatnya ini adalah makanan.
ADVERTISEMENT
Kita semua tentu mengetahui bahwa gula merupakan musuh utama yang harus dijauhi jika ingin terhindar dari penyakit diabetes. Menjaga pola makan dengan baik adalah solusi untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.
Namun tanpa disadari, makanan pemicu diabetes berkeliaran di sekeliling kita. Yuk, kenali lebih jelas makanan apa saja yang rawan memicu kenaikan gula darah agar kamu tidak kecolongan! 1. Jus Buah
Ini berbicara mengenai jus buah yang kamu beli di luar rumah, seperti jus kotak keluaran pabrik dan jus buatan gerobak yang sangat mudah kamu jumpai. Membeli jus yang siap minum memang lebih praktis dan menghemat waktu, namun apakah kamu tahu kandungan apa saja yang terdapat di dalam jus tersebut? Sekotak jus buah instan memiliki kalori yang tinggi. Dan semakin tinggi kalori yang terkandung pada minuman, makin banyak pula kandungan gula yang dimiliki. Sedangkan jika kamu membeli jus buah yang dijual di pinggir jalan, jangan pernah berpikir bahwa jus ini lebih sehat dibandingkan jus kotak. Jus ini justru memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, karena dicampur dengan susu kental manis dan air gula.
ADVERTISEMENT
Hmmm, coba kamu bayangkan betapa tingginya kadar gula yang terdapat pada dua jenis minuman yang terkesan 'sehat' ini.  Musuh utama jika kamu ingin menghindari penyakit diabetes.
2. Permen
Si kecil yang satu ini sering luput dari perhatian orang-orang. Padahal, dalam sebutir permen terkandung gula yang sangat tinggi. Dampak buruknya terhadap gula darah memang tak langsung kamu rasakan, namun jika dikonsumsi secara terus menerus akan mengakibatkan kenaikan gula darah. Jadi, bagi kamu yang memiliki keturunan diabetes harus waspada dengan makanan yang satu ini.
3. Kentang Goreng
Ini merupakan makanan yang tak terduga dapat menyebabkan penyakit diabetes, jika diolah dengan cara digoreng. Sejatinya, kentang memiliki kandungan karbohidrat yang bisa menjadi pengganti sempurna bagi nasi. Namun khasiat baik pada kentang akan hilang dan justru berubah menjadi sangat berbahaya untuk penderita diabetes, jika digoreng dengan menggunakan minyak. Ini akan membuat kentang jadi tinggi lemak dan kalori.
ADVERTISEMENT
Jika kamu menderita atau memiliki riwayat diabetes, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau kukus untuk menjaga khasiat baik kentang.
4.Kopi
Konsumsi kopi yang berlebihan juga bisa memicu diabetes. Hal ini diakibatkan oleh kandungan kafein pada kopi yang dapat menghambat metabolisme dan melemahkan insulin pada tubuh. Jika zat insulin lemah, maka kadar gula yang ada dalam darah akan meningkat cukup signifikan. Hal ini dikarenakan tubuh kamu tak bisa menyerap glukosa yang ada dalam darah dengan baik.
5. Buah
Jika dikonsumsi secara berlebihan, sederet buah yang selama ini kamu pikir sehat juga bisa memicu terjadinya diabetes, lho. Seperti buah pisang, mangga, apel, dan nanas.
Kenapa? Hal ini dikarenakan buah pisang, mangga, dan apel mengandung karbohidrat kompleks yang lumayan tinggi. Mengonsumsi buah di atas boleh-boleh saja, namun dalam porsi yang wajar dan tidak berlebihan.
Kenali 11 Makanan Pemicu Diabetes (399993)
Hindari konsumsi makanan tinggi gula (Foto: Thinkstock)
6. Buah Olahan Kaleng
ADVERTISEMENT
Mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahui, bahwa buah olahan kaleng mengandung banyak sekali pengawet dan pemanis. Buah yang ada di dalamnya sudah diolah sedemikian rupa, sehingga tak baik untuk kesehatan gula darah.
7. Mie dan Pasta
Rasa yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat keduanya jadi favorit banyak orang. Namun kamu harus waspada, karena mie dan pasta terbuat dari tepung dan mengandung karbohidrat tinggi. Mie yang lama dicerna dan diserap pada tubuh akan membuat pankreas terhambat dalam memproduksi insulin. Ini akan memicu resiko timbulnya penyakit diabetes tipe dua. 8. Sirup dan Selai
Keduanya merupakan hal harus benar-benar dihindari untuk kamu yang menderita diabetes, ataupun yang ingin mencegah. Alasannya tentu saja karena keduanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, rata-rata berkisar antara 20% hingga 40% dari total sajian.
ADVERTISEMENT
9. Aneka Dessert
Makanan pencuci mulut selalu memiliki rasa manis. Seperti es krim, puding, hingga kue. Kamu pasti tahu, bahwa ketiganya merupakan makanan yang harus diwaspadai karena kandungan gulanya yang tinggi, yaitu bisa mencapai 25% dari total sajian.
10. Kismis
Gula alami yang ada pada buah kismis memang dikenal cukup tinggi, terlebih setelah diolah dengan cara dikeringkan. Kandungan gula yang ada mengalami perubahan setelah diolah. Pada 100 gram sajian kismis mengandung 59 gram gula. Hmm.. Tidaklah mengherankan bahwa kismis jadi musuh utama bagi penderita diabetes. 11. Pancake
Jika kamu mau menghindari diabetes, hindari mengonsumsi pancake. Pancake terbuat dari campuran tepung, mentega, dan gula. Pancake juga mengandung lemak jenuh dan gula yang amat tinggi. Kadar gula pada seporsi kecil pancake setara dengan tiga lempeng roti tawar. Tidak tanggung-tanggung, bukan?
ADVERTISEMENT
Intinya, kamu harus menghindari makanan yang diolah dengan kandungan gula yang tinggi. Tidak hanya manis, makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam minyak juga berpotensi memicu diabetes pada tubuh. Hindari juga makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh seperti daging olahan (sosis) dan yang terbuat dari tepung.
Prioritaskan makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Dan kamu harus ingat, bahwa mengonsumsi apapun secara berlebihan itu tidak baik, termasuk gula.