Food & Travel
·
15 September 2021 12:12

Mahasiswa KKN Univet Ajak Remaja Membuat Kue Ulang Tahun dan Buket dari Jajanan

Konten ini diproduksi oleh Diah Yurike Astuti
Mahasiswa KKN Univet Ajak Remaja Membuat Kue Ulang Tahun dan Buket dari Jajanan (1029097)
searchPerbesar
Kue ulang tahun dan buket dari aneka jajanan hasil buatan mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo dan remaja Dusun Randugunting.
Kuliah kerja nyata atau KKN adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan cara menempatkan mahasiswa ke daerah pedesaan dalam waktu tertentu. Dengan diadakannya KKN mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat serta dapat mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik yang didapatkan selama di bangku kuliah. Namun dimasa pandemi covid-19 seperti saat ini beberapa universitas melaksanakan kegiatan KKN secara mandiri di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi klaster baru penyebaran covid-19.
ADVERTISEMENT
Salah satu mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN mandiri yaitu Diah Yurike Astuti mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kegiatan KKN ini dilakukan di daerah mahasiswa sendiri yaitu di dusun Randugunting rt 01/01, kelurahan Pare, kecamatan Mondokan, kabupaten Sragen. Salah satu program kerja yang dilakukan yaitu mengajak masyarakat di Dusun Randugunting untuk memulai berwirausaha menjual kue ulang tahun dan buket dari aneka jajanan. Mahasiswa memilih usaha ini karena cara membuatnya cukup mudah dan untuk mendapatkan bahan-bahannya tidak sulit. Bahan utama untuk membuat produk kue ulang tahun dan buket dari aneka jajanan yaitu berbagai jenis jajanan dan kain sponbound.
Mahasiswa KKN Univet Ajak Remaja Membuat Kue Ulang Tahun dan Buket dari Jajanan (1029098)
searchPerbesar
Kegiatan sosialisasi cara pembuatan kue ulang tahun dan buket dari aneka snack oleh Diah Yurike Astuti mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo.
Selasa, 7 September 2021 mahasiswa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi cara pembuatan kue ulang tahun dan buket bunga dari aneka jajanan. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah ketua rt 01/01 dusun Randugunting dan diikuti oleh para remaja di dusun Randugunting. Selain mengajarkan cara membuat kue ulang tahun dan buket bunga dari aneka jajanan mahasiswa juga mengajarkan para remaja cara menjual produk secara online melalui media sosial. Mahasiswa mengajarkan bagaimana cara mengedit foto produk agar terlihat lebih bagus dan menarik minat konsumen untuk membeli. Selama kegiatan sosialisasi berlangsung para remaja sangat antusias belajar cara membuat kue ulang tahun dan buket dari aneka jajanan.
ADVERTISEMENT
Dengan mengajarkan para remaja untuk berwirausaha, mahasiswa berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Randugunting. Apalagi dimasa pandemi seperti ini pendapatan masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai petani berkurang, dan diharapkan dengan memulai berwirausaha dapat membantu memulihkan kembali perekonomian masyarakat.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white