Mom
·
20 Juli 2021 21:15
·
waktu baca 4 menit

5 Tips Sukses Hadapi Tahun Ajaran Baru

Konten ini diproduksi oleh Dian Kusumawardani
5 Tips Sukses Hadapi Tahun Ajaran Baru (264798)
searchPerbesar
Tak terasa, tahun ajaran baru dimulai. Sudah setahun setengah anak-anak harus sekolah dari rumah. Ya, pandemi Corona COVID-19 yang hadir sejak Maret 2020 lalu, membuat anak-anak harus sekolah dari rumah.
ADVERTISEMENT
Sekolah dari rumah dianggap solusi paling pas untuk saat ini. Dimana proses pendidikan bisa terus berjalan, dan anak-anak tetap terlindungi dari ancaman virus yang belum ada obatnya ini.
Sekolah dari rumah disebut juga dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). PJJ ini menjadi hal yang baru bagi kebanyakan orangtua. Tak heran, dalam pelaksanaan PJJ terkadang mengalami hambatan.

Hambatan PJJ

Berdasarkan pengalaman saya, beberapa kendala yang saya hadapi selama pelaksanaan PJJ ini antara lain :
⏺️ Materi belajar yang kurang lengkap
⏺️ Proses pembelajaran yang kurang variatif
⏺️ Tugas yang terlalu banyak
⏺️ Sering terjadi misskomunikasi antara guru dan orangtua
⏺️ Guru yang kurang interaktif
⏺️ Keterbatasan waktu orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar
ADVERTISEMENT
⏺️ Kemampuan orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar

Tips Sukses Damping PJJ

5 Tips Sukses Hadapi Tahun Ajaran Baru (264799)
searchPerbesar
Berkaca dari tahun ajaran sebelumnya, tahun ini saya mau lebih baik lagi dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah. Saya sadar, saat PJJ seperti ini, orangtua memiliki peran yang sangat penting. Orangtua menjadi patner utama guru dalam mendampingi anak-anak belajar.
Sebagai orangtua saya pun turut berbenah. Agar anak lebih sukses menghadapi tahun ajaran baru ini, ada beberapa hal yang saya lakukan.
1. Selesaikan urusan domestik
Agar lebih fokus mendampingi anak-anak saat PJJ, saya harus memastikan bahwa semua urusan domestik saya sudah beres. Jangan sampai saat harus dampingi anak-anak PJJ, masakan jadi gosong 😂.
Jika urusan domestik beres, pastinya saya bisa fokus dampingi anak-anak belajar.
ADVERTISEMENT
2. Ketahui jadwal belajar anak
Saya harus mengetagui jadwal belajar anak setiap harinya. Ini membantu saya mengecek apakah anak sudah siap belajar. Mulai dari tahu apa yang akan dipelajari hingga perlengkapan ala yang dibutuhkan.
3. Ciptakan kolaborasi yang baik dengan guru
Saya ingin tahun ajaran baru ini komunikasi dan kerjasama saya dengan gurunya anak menjadi lebih baik lagi. Agar kami bisa berkolaborasi bersama dalam membantu anak menjalani proses belajarnya.
4. Cek kelengkapan PJJ
Sebelum pembelajaran berlangsung, pastikan kita bersama-sama dengan anak mempersiapkan perlengkapan PJJ dengan baik.
Mulai dari buku dan peralatan sekolah, hingga gadget dan jaringan internet. Pastikan semua siap. Agar PJJ berjalan lancar.
5. Ruangbelajar yang nyaman
Terakhir, jangan lupa juga menciptakan Ruangbelajar yang nyaman. Agar anak lebih fokus belajar dan bisa memahami pelajaran dengan baik.
ADVERTISEMENT

Ruangbelajar by Ruangguru

5 Tips Sukses Hadapi Tahun Ajaran Baru (264800)
searchPerbesar
Bicara tentang Ruangbelajar, pilihan saya jatuh pada Ruangbelajar by Ruangguru. Ini adalah platform belajar online yang bisa membantu anak sukses hadapi tahun ajaran baru.
Ruangbelajar ini dilengkapi dengan ribuan video pembelajaran dengan lebih dari 1.200 total sub topik bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga SMA. Video pembelajaran dikemas dalam bentuk yang menarik dan interaktif. Sehingga membuat anak-anak lebih mudah memahami materi pembelajaran.
Tak hanya itu, Ruangbelajar by Ruangguru ini juga dilengkapi dengan kuis, latihan soal serta infografis rangkuman pembelajaran. Semua ini bertujuan untuk pendalaman materi.

Fitur Baru Ruangbelajar

Demi mengoptimalkan proses pembelajaran, pada bulan Juli ini, Ruangbelajar meluncurkan beberapa fitur baru, yaitu :
Adapto
ADVERTISEMENT
Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan anak sesuai dengan kemampuan belajarnya.
Dengan demikian, anak benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri. Mendorong semangat merdeka belajar.
Rencana Belajar (Playlist Belajar)
Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.
Ini bisa menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu.
Subtitle Video
Subtitle video atau transkrip adalah salah satu fitur yang bisa membantu pembelajaran. Transkrip dapat membantu anak untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Dengan demikian mereka jadi lebih memahami materi.
ADVERTISEMENT
Fitur Pencarian
Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.
Pet Mission
Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.
Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.
Tes Minat Bakat
Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC.
Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri.
Selain itu juga mencegah anak salah jurusan. Tes ini membantu anak memilih jurusan belajar yang sesuai minat dan bakatnya.
ADVERTISEMENT
Semua fitur baru dari Ruangbelajar by Ruangguru ini semakin membuat Ruangguru menjadi bimbel online terbaik di Indonesia.
Dengan bantuan Ruangbelajar by Ruangguru ini, saya yakin bisa membantu anak sukses hadapi tahun ajaran baru.
Demikian lima tips sukses hadapi tahun ajaran baru. semoga tips ini bisa membantu, ya.