Mahasiswa Untag Surabaya menjadi Peserta MSIB MBKM Dispendukcapil Kota Surabaya

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
25 November 2022 20:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Diana Yemima tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumentasi Dispendukcapil Kota Surabaya : Peresmian Peserta MSIB oleh Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya pada 01/09/2022
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Dispendukcapil Kota Surabaya : Peresmian Peserta MSIB oleh Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya pada 01/09/2022
ADVERTISEMENT
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 1 Juni 2022 resmi membuka pendaftaran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 3. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir. Periode pendaftaran MSIB Angkatan 3 yang dibuka sejak 1 Juni 2022 hingga 31 Juli 2022 mendapat antusiasme yang besar dari seluruh mahasiswa di Indonesia. Terbukti dari hasil data Kemendikbudristek, sebanyak 27.952 mahasiswa dari 648 perguruan tinggi berhasil lolos berbagai tahapan seleksi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan siap menjalani program di 216 mitra perusahaan ternama yang kredibel. Salah satu mitra yang baru bergabung pada angkatan 3 ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya.
ADVERTISEMENT
Pada MSIB angkatan 3 ini, Dispendukcapil Surabaya membuka lebih dari 300 lowongan yang terdiri dari tujuh bidang, yaitu posisi sebagai Social Media Specialist, Broadcasting Crew, Archivarist, Digital Clustering Archivarist, Legal Officer, Customer Relationship Management, dan Pemdamping Layanan Administrasi Kependudukan. Hingga awal Agustus, terhitung sebanyak 2019 orang pelamar telah mendaftarkan diri dan siap bersaing dengan seleksi administrasi, test tulis, wawancara serta pengumpulan video profil diri. Dari semua posisi yang dibuka, nantinya semua akan melaksanakan magang di Kantor Dispendukcapil Kota Surabaya yang bertempat di Gedung Siola Lt. 3, Jalan Tunjungan No. 1 - 3. Namun untuk posisi Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan akan ditempatkan di 154 Kantor Kelurahan di Surabaya.
Setelah melewati berbagai macam seleksi, terpilih 338 mahasiswa yang dinyatakan lolos sebagai peserta MSIB Dispendukcapil Kota Surabaya dan berhak menjalani masa magang. Sebelum bertugas di kantor mitra, pada tanggal 18 Agustus 2022 Kemendikbudristek melalui Tim MSIB menggelar Pelepasan bagi peserta MSIB Angkatan 2 dan National On Boarding bagi peserta MSIB Angkatan 3. Sedangkan sesi pembekalan mitra dilakukan secara internal oleh Dispendukcapil Kota Surabaya pada tanggal 22 - 31 Agustus 2022 bertempat di Gedung Siola Lt. 4. Kemudian pada tanggal 01 September 2022, seluruh peserta MSIB Dispendukcapil Kota Surabaya secara resmi mengikuti apel sekaligus pelepasan ke Kantor Kelurahan yang dipimpin langsung oleh Eri Cahyadi selaku Walikota Surabaya. Acara apel tersebut menghadirkan Rektor Universitas, Kepala Dinas Dispendukcapil, Camat, beserta Lurah.
ADVERTISEMENT
Salah satu peserta MSIB yaitu Diana Yemima yang berasal dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bercerita tentang pengalamannya selama kurang lebih tiga bulan menjadi Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Menanggal. Diana mengatakan bahwa menjadi staff pelayanan memiliki tantangan tersendiri karena diharuskan berinteraksi dengan warga, memberikan konseling terkait adminduk, dan juga mengajukan berkas kependudukan melalui aplikasi Klampid New Generation (KNG). Platform digital yang diluncurkan oleh Dispendukcapil Surabaya ini sangat membantu warga maupun petugas adminduk dalam mengurus dokumen kependudukan. Klampid New Generation (KNG) juga meringankan pekerjaan petugas adminduk karena sifatnya yang efektif dan efisien. Dalam KNG terdapat banyak menu pilihan sesuai dengan kebutuhan dokumen yang hendak diurus seperti Perubahan Biodata, Legalisir, Pembuatan KTP, Pembuatan KIA, Cetak Ulang KK, Pembuatan Akta Kelahiran & Kematian, dan lain sebagainnya.
ADVERTISEMENT
"Selain mengerjakan dokumen kependudukan, saya juga mengikuti beragam kegiatan yang diadakan oleh Kelurahan Menanggal, seperti bakti sosial serentak, pelayanan sayang warga, outretch warga, dan juga program kalimasada" Ujar Diana dengan almamater merahnya.
Banyak pengalaman, ilmu, dan wawasan yang didapat oleh Diana selama mengikuti Program MSIB di Kelurahan Menanggal. Diana berharap nantinya dapat ikut kembali dalam MSIB Angkatan 4 dan tergabung dengan Dispendukcapil Kota Surabaya untuk kembali melayani adminduk warga Surabaya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·