Rekomendasi Self Healing Gratis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
22 Desember 2021 17:31
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Diana Yemima tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rekomendasi Self Healing Gratis (100976)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Self Healing (unsplash/William Farlow)
ADVERTISEMENT
Sering kali, kita dihadapkan dengan situasi sulit yang menjadikan kita stress atau lelah secara mental. Bisa jadi galau karena putus dengan pacar, pusing karena kerjaan yang menumpuk, atau burn out gara-gara tugas kuliah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu upaya untuk mengembalikan kondisi mental agar pulih seperti sediakala. Kalau bahasa gaulnya sih, biasa disebut dengan self healing. Biasanya, self healing dilakukan dengan pergi ke tempat-tempat yang menenangkan seperti pantai, gunung, ataupun sekedar staycation di hotel. Namun jika kita melakukan self healing diluar rumah, tak dipungkiri pasti akan merogoh kocek yang cukup dalam. Padahal, sebenarnya self healing nggak selalu harus keluar rumah loh! Kalian hanya butuh waktu yang lebih lama untuk sendirian atau biasanya disebut dengan me time. Untuk itu, ada beberapa cara self healing yang bisa kalian lakukan di rumah. Selain menghemat tenaga, yang terpenting adalah menghemat uang karena dijamin pasti gratis. Kalian jadi bisa self healing kapanpun kalian mau deh. Berikut beberapa rekomendasi self healing gratis :
ADVERTISEMENT
1. Nonton Film
Oke, cara yang pertama adalah nonton film. Kalian bisa memilih untuk nonton ulang film favorit kalian atau mencoba nonton film genre baru agar lebih seru dan tentunya bikin penasaran. Kegiatan nonton film sangat baik untuk membantu proses self healing karena secara nggak langsung kalian keluar sejenak dari rutinitas yang selama ini cukup melelahkan jiwa dan raga.
2. Dekor Ulang Kamar
Alternatif yang kedua yaitu mendekorasi ulang kamar kalian. Kegiatan ini menjadikan kalian produktif sehingga dapat membantu proses healing. Kalau kalian sibuk, otomatis nggak ada lagi waktu untuk memikirkan hal-hal yang membuat pusing dan burnout. Mendekor ulang kamar juga dapat memberi suasana baru yang nantinya akan berpengaruh terhadap mood kalian.
ADVERTISEMENT
3. Baca Buku
Seringkali, membaca dianggap sebagai kegiatan yang monoton. Padahal, membaca bisa mempercepat proses healing karena dapat mengubah pola pikir kita menjadi lebih positif. Apalagi jika buku yang kita baca tergolong buku self improvement. Kita dapat merefresh otak kita dengan menambah wawasan mengenai hal yang belum kita ketahui sebelumnya.
4. Main Game
Kegiatan yang satu ini sangat digemari banyak orang. Sepertinya, walau nggak lagi self healing pun, main game tetap jadi favorit ditengah kesibukan. Memang benar, main game menjadikan kita lupa dengan masalah kita di dunia nyata, karena kita fokus menyelesaikan misi di dunia maya. Adakalanya, hal tersebut memang membantu mempercepat self healing, namun tetap harus tau batasan ya, agar tidak menghambat produktivitas kita.
ADVERTISEMENT
5. Workout
Nah, selain menyehatkan tubuh, kegiatan yang satu ini juga dapat menyehatkan jiwa dan pikiran kita, lho. Workout nggak cuma bagus untuk proses diet, tetapi juga sebagai upaya terapi fisik agar self healing kita dapat berjalan dengan lancar. Olahraga dipercaya dapat mengeluarkan zat-zat negatif dan menenangkan jiwa. Setelah workout, dijamin tubuh akan semakin bugar dan pikiran akan lebih positif deh!
6. Masak
Beberapa orang, ada yang melampiaskan stress kepada makanan. Tapi, jika hanya makan saja tentu tidak menjadikan kita lebih produktif. Oleh karena itu, lebih baik kita mencoba hal baru dengan memasak makanan dengan resep yang belum pernah kita coba sebelumnya. Selain menantang, hal tersebut juga meningkatkan mood karena kita pasti merasa bangga jika berhasil menciptakan sesuatu. Hal ini tentu sangat baik untuk mempercepat proses healing kalian.
ADVERTISEMENT
7. Bikin Konten
Nah, kalau yang satu ini selain bikin kita produktif tentu juga berpeluang untuk menambah penghasilan. Bikin konten di sosial media bisa jadi salah satu cara untuk membantu healing karena mendorong pikiran kita untuk kreatif memproduksi sesuatu. Selain itu, ketika konten kita disukai banyak orang, tentu akan menjadi moodbooster sehingga nggak ada waktu lagi untuk pusing mikirin masalah. Cara ini bisa kalian coba ya, siapa tau bonus bisa jadi terkenal hehehe
8. Berdoa & Selftalk
Last but not least tentu aja berdoa dong. Percuma kalian melakukan semua kegiatan diatas kalau nggak didukung dengan berdoa. Terkadang, jiwa kita hanya perlu diisi dengan hal-hal spiritual yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Tentu saja, doa merupakan wujud bahwa kita berserah dan memohon pertolonganNya untuk memulihkan keadaan kita yang sedang tidak baik-baik saja. Selain itu, kita juga perlu refleksi dengan selftalk agar dapat mengintrospeksi diri kita.
ADVERTISEMENT
Delapan cara diatas merupakan tips yang dapat kalian lakukan jika ingin mencoba self healing gratis di rumah. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu mempercepat proses healing kalian ya!

"Sejatinya, healing merupakan upaya kita untuk menyembuhkan luka dalam hati, jiwa, dan pikiran. Tidak perlu tempat yang jauh untuk pergi, yang diperlukan hanya waktu untuk berdamai dengan diri sendiri."