kumparan
5 Jun 2018 12:14 WIB

Membangun Brand di Tengah Persaingan Bisnis

Ketika mendengar kata Branding, apa yang muncul di pikiran, Anda? Merk, image? atau pencitraan? Ketiga hal tersebut saling berkaitan dengan branding. Dalam dunia marketing, branding adalah mutlak untuk dilakukan. Karena, dengan branding, kita sedang membuat produk, jasa, lembaga, institutusi yang ingin kita pasarkan menjadi familiar / dikenal.
ADVERTISEMENT
Semakin familiar brand yang kita bangun, maka semakin tumbuh kepercayaan dari para calon investor, klien, dan konsumen. Namun, jika kita baru pertama kali mendengar nama suatu brand / merk produk. Apakah kita akan langsung percaya dan berani mencoba membeli / menggunakan produk / jasa itu? Tentu tidak, bukan?
Sebaliknya, jika kita sering mendengar atau melihat merk tertentu, baik di pemberitaan media, iklan, brosur, ataupun flyer, maka tanpa kita sadari, sebetulnya kita menjadi makin familiar dengan brand tersebut. Alhasil, secara tidak disadari, kita mulai menumbuhkan kepercayaan tahap pertama pada suatu brand.
“TAK KENAL, MAKA TAK SAYANG”, demikianlah pepatah lama yang sering kita dengar. Pepatah yang sudah turun menurun ini ada benarnya. Kaitannya dengan produk, entah itu properti, retail, jasa, personal (pribadi), atau apapun yang kita ingin pasarkan, semakin produk tersebut dikenal dengan baik oleh konsumen, maka akan semakin mudah dalam memasarkannya. Karena itulah KEBERADAAN BRANDING DIBUTUHKAN.
ADVERTISEMENT
Branding, selain memperkenalkan mempromosikan produk, juga dapat membentuk image dan opini masyarakat / konsumen terhadap produk yang kita pasarkan.
Namun demikian, membangun brand image yang kuat tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat, memakan waktu yang sangat lama, dan pastinya membutuhkan dukungan biaya. Maka, wajar apabila banyak pelaku usaha yang akhirnya gagal menjalankan bisnisnya karena mereka tidak berhasil menciptakan brand image yang cukup kuat, sehingga produk yang dihasilkannya tidak bisa bertahan lama di tengah deruan pasar yang semakin besar.
Kondisi tersebut menjadi bukti nyata bagi kita bersama, bahwa brand menjadi salah satu aset berharga yang akan membawa sebuah perusahaan menuju puncak kesuksesannya.
Banyak manfaat yang bisa didapatkan para pelaku usaha ketika brand image atau merek yang mereka bangun berhasil menguasai pasar. Beberapa manfaat brand image pada perusahaan, Anda:
ADVERTISEMENT
  1. Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
  2. Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan.
  3. Membuka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.
  4. Peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk.
  5. Menjadi ciri tertentu yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing.
Lalu, apa sarana branding yang paling efektif? Saat ini, sarana yang paling mumpuni dan efektif adalah media, baik cetak, online, televisi, maupun radio. Selain itu, sosial media seperti Facebook dan Instagram juga mulai mendapat perhatian dari para pelaku usaha untuk promosi.
Oleh: Dihar / Pandawa PR (Branding Consultant)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan