• 5

Bagi Sopir Bus, Klakson Telolet Bukan Sekadar Kekinian

Bagi Sopir Bus, Klakson Telolet Bukan Sekadar Kekinian



Terminal Kalideres

Suasana di Terminal Kalideres Menjelang Natal dan Tahun Baru (Foto: Akbar Ramadhan)
Suara klakson telolet tak lagi dianggap sebagai hiburan terbatas bagi sekumpulan remaja di pinggir jalan di Jawa Tengah. Suara tersebut kini juga menjadi hiburan bagi netizen dari berbagai belahan dunia. Tak ayal, fenomena klakson telolet kian viral di media sosial.
Namun, rupanya bukan hanya mereka yang merasa terhibur dengan adanya klakson telolet. Para sopir bus jarak jauh ternyata juga senang mendengungkan suara bising tersebut.
Seperti Kikin (24), sopir bus Murni Putih jurusan Labuan - Kalideres. Kikin mengaku memasang klakson telolet untuk menghibur diri selama perjalanan. Perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer itu memang kerap membuat dirinya suntuk.
"Suka aja pasang klakson begitu, klakson telolet buat kita lagi jenuh di jalan," ujar Kikin saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (23/12).
Kikin mengaku selalu membunyikan klakson telolet ketika ada yang memintanya.
"Saya selalu ngasih peminta telolet. Banyak yang minta telolet, biasanya anak kecil yang minta," tambah dia.
Hal senada disampaikan sopir bus Murni Putih jurusan Labuan - Kalideres lainnya, Endang (40). Endang mengatakan, klakson tersebut dipasang di busnya untuk memenuhi permintaan para remaja itu.
Endang sumringah melihat tingkah remaja saat meminta sopir membunyikan klakson. Kendati dia tak membunyikan klakson telolet jika sibuk berkendara.
"Selalu ngasih klakson ke yang minta, tapi kalau lagi enggak sibuk," ucap Endang.
Sopir bus Sinar Dempo jurusan Pagar Alam - Kalideres, Yunus (81) punya cerita lain mengapa memasang klakson telolet. Yunus bercerita, awalnya dia memasang klakson telolet guna menakuti pelempar batu di jalur Sumatera.
"Biasanya di kebun-kebun, di hutan-hutan, kita di lempari batu saat malam hari, tapi kalau kita telolet mereka kabur," ujar Yunus.
Namun, sejak sebulan terakhir, dirinya kerap membunyikan klakson untuk menghibur anak-anak. "Tadinya hanya di terminal, tapi sekarang di jalan-jalan," kata Yunus.

HiburanBusNewsTelolet

500

Baca Lainnya