• 0

Bom Pipa, Peledak Berdaya Rendah yang Digunakan Teroris Tangsel

Bom Pipa, Peledak Berdaya Rendah yang Digunakan Teroris Tangsel



Ilustrasi Bom

Ilustrasi Bom (Foto: Yagi Studio)
Tim Detasemen Khusus 88 menemukan 12 bom dalam penggerebekan di rumah terduga teroris di Setu, Tangsel, Rabu (21/12) lalu. 12 bom tersebut diketahui dalam bentuk bom pipa dengan bahan dasar potasium nitrat.
Di Indonesia, bom pipa kerap digunakan kelompok teroris dalam melakukan aksinya. Selain di Tangsel, bom pipa juga digunakan oleh pelaku teror lainnya, seperti dalam aksi di Thamrin, di depan Gereja Santo Yosep Medan, dan di depan Gereja Oikumene Samarinda.
Sebenarnya, apakah itu bom pipa? kumparan menelusuri mengenai alat peledak sederhana tersebut. Dikutip dari buku "Medical Response to Terrorism: Preparedness and Clinical Practice" karya Daniel C. Keyes, bom pipa merupakan alat peledak dengan daya rendah (low explosive) menggunakan pipa terbungkus.
Bom pipa biasanya terdiri dari komponen listrik dan bubuk bahan peledak yang dimasukkan dalam pipa besi, aluminium, atau tembaga. Pada ujung sisi pipa, bom tersebut ditutupi dengan bahan kuningan atau baja.
Selain itu, bom pipa kerap ditambahi dengan berbagai pecahan benda tajam di dalamnya, seperti paku, potongan besi, atau kaca. Ini digunakan para teroris untuk menambah dampak kerusakan akibat serpihan benda tajam yang memberai.
Bom pipa awalnya digunakan oleh militer sebagai senjata improvisasi dalam perang. Dalam buku "Home Guard Manual 1941", bom pipa digunakan oleh militer dalam perang sipil Spanyol pada 1936 hingga 1939. Penggunaannya pun berlanjut pada Perang Dunia II. Ketika itu, anggota British Home Guard dilatih menggunakan bom pipa dalam perang tersebut.
Penggunaan bom pipa setelah itu pun meluas. Bukan hanya militer, kriminal dan teroris juga menggunakan bom pipa dalam aksinya. Bom pipa kerap dibawa dalam tas maupun di balik pakaian oleh pelaku teror. Sebab, jenis bom tersebut tidak memakan ruang yang besar saat mobilisasi.
Mudahnya langkah pembuatan bom pipa membuat banyak orang dapat menggunakannya. Bahkan, bahayanya beberapa situs dan video di internet kini telah menyediakan bagaimana cara pembuatan alat peledak tersebut. Selain itu, tidak sulit mendapatkan bahan-bahan untuk membuat bom pipa. Bahan bom ini dapat dengan mudah didapatkan di pasaran.

Breaking NewsNewsBomBom Tangsel

500

Baca Lainnya