Nuzulul Quran dan Pentingnya Mempelajari Al-Qur'an

Mahasiswa Akuntansi di Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta.
Konten dari Pengguna
20 April 2022 13:17
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dinda Fransiska Utami tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Apa yang dimaksud dengan Nuzulul Quran? Nuzulul quran adalah sebuah peristiwa turunnya ayat Al-Qur'an yang terjadi pada malam 17 Ramadan. Ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan oleh Allah SWT melalui perantara Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW berlangsung secara bertahap. Ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang turunnya Al-Qur'an.
ADVERTISEMENT
1. Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ
Artinya : “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan al-Qur'an,” (Q.S Al Baqarah 2 : 185)
2. Al-Qur'an diturunkan pada malam lailatul qadar
اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰہُ فِیۡ لَیۡلَۃِ الۡقَدۡرِ
Artinya : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar”. (Q.S Al Qadr 97 : 1)
Ilustrasi Al-Qur'an sebagai kitab suci umat muslim. sumber : pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Al-Qur'an sebagai kitab suci umat muslim. sumber : pixabay
Pada malam 17 Ramadan, Allah SWT memerintahkan kepada Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Penyampaian wahyu tersebut pertama kali berlangsung di Gua Hira pada tahun 610 SM. Sedangkan ayat pertama yang diturunkan adalah surah Al-Alaq ayat 1-5.
Berikut bacaan surah Al-Alaq 1-5 yang menjadi wahyu pertama itu:
.... اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ.[١] خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ.[٢] اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. [٣] الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ.[٤] عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
ADVERTISEMENT
Artinya: “Bacalah dengan [menyebut] nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar [manusia] dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." Adapun Lailatul Qadar merujuk kepada malam diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia. Dikisahkan bahwa pada malam itu langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.”
Proses turunnya Al-Qur'an tentu saja tidak langsung 30 juz, melainkan secara bertahap dan di tempat-tempat yang berbeda. Prosesnya pun membutuhkan waktu sekitar 23 tahun, lho! Dengan perbandingan waktu yaitu 10 tahun di Madinah, dan 13 tahun di Mekkah. Dengan ayat pertama yang diturunkan yaitu Al-Alaq 1-5, dan yang terakhir Al Baqarah ayat 281.
ADVERTISEMENT
Hikmah Nuzulul Quran
1. Memberikan kekuatan kepada Rasulullah dan para sahabat
Dalam perjuangannya menyampaikan dakwah kepada kaum quraisy, Rasulullah dan para sahabat menghadapi ujian dan cobaan yang berat, karena banyak dari kaum quraisy yang tidak mengikuti ajaran Rasulullah, melainkan menentang serta melakukan penyerangan.
2. Mukjizat
Salah satu kebesaran Allah SWT adalah keajaiban atau hal hal yang tidak pernah terduga akan terjadi. Pada zaman Rasulullah, para kaum quraisy sering mencemooh dan menganggap bahwa dakwah yang disampaikan Rasulullah tidak masuk akal. Oleh karena itu, mereka selalu menentang dan mengajukan pertanyaan yang tidak masuk akal. Lantas Allah SWT membuktikan kebenaran dari ajaran Islam yang disampaikan Rasulullah melalui beberapa mukjizat.
3. Al-Qur'an sebagai kitab suci yang mudah dipahami dan dihafalkan
ADVERTISEMENT
Al-Qur'an sebagai kitab suci bagi umat muslim terdiri dari 30 juz, 114 surah dan sekitar 6.666 ayat. Pembagian antar surah yang jelas memudahkan bagi umat muslim untuk membaca, memahami, dan menghafal isi dari Al-Qur'an. Salah satu tujuan diturunkannya Al-Qur'an yaitu sebagai pedoman hidup umat muslim. Hikmah yang diterima umat muslim adalah membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an.
4. Relevan dengan peristiwa dan perkembangan zaman
Manusia pada dasarnya sulit mempercayai sesuatu yang tidak disertai dengan bukti yang kuat. Ketika agama islam turun, orang-orang tidak percaya begitu saja. Dengan turunnya Al-Qur'an, sebagai bukti bahwa agama islam benar adanya.
Pentingnya mempelajari Al-Qur'an
Al-Qur'an sebagai kitab suci dan pedoman bagi umat muslim, sudah seharusnya kita mempelajari dan mengamalkannya. Al-Qur'an berisi firman-firman, ketentuan, serta petunjuk dari Allah kepada umat muslim. Oleh karena itu Al-Qur'an adalah kitab yang sangat istimewa sehingga harus diperlakukan dengan baik serta dijaga keasliannya.
ADVERTISEMENT
Adapun ayat yang menjelaskan pentingnya Al-Qur'an sebagai pedoman manusia terdapat pada Q.S Al Jatsiyah : 20.
هَـٰذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Artinya : “Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk, dan rahmat bagi kaum yang meyakini.” [QS. al-Jatsiyah: 20]
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Nuzulul Quran, dan hikmah dari peristiwa tersebut, serta pentingnya mempelajari Al-Qur'an. Semoga bermanfaat.
Sumber :
Pengertian dan Makna Nuzulul Quran | kumparan.com
https://tirto.id/gd5m
Sumber: https://muslim.or.id/68662-wajibnya-mempelajari-dan-mentadabburi-al-quran.html?msclkid=f4206cd0be6611ec816a6b211dc59464
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020