Pencarian populer

5 Olahan Bandeng nan Menggoda Selera

Ikan bandeng. (Foto: Thinkstock)

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi berbagai macam varian makanan yang menggoda selera. Selain mudah didapat, rasanya juga oke lho, travelers.

Menurut ahli gizi, ikan bandeng kaya akan omega-3 yang sangat bagus untuk kesehatan, seperti untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penggumpalan darah, mencegah penyakit jantung koroner, dan menurunkan kadar kolesterol.

Nah, sebenarnya ikan bandeng ini bisa diolah jadi varian makanan apa ya? Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Otak-otak

Ilustrasi Otak-otak (Foto: Instagram @pempekmecik)

Kalau bicara otak-otak pasti kamu teringat dengan ikan tenggiri bukan? Tapi selain tenggiri, otak-otak bandeng juga ada lho. Jika kamu tertarik untuk membuatnya, caranya cukup mudah daging ikan bandeng digiling lalu dicampurkan dengan berbagai rempah.

Setelah tercampur rata dengan rempah, daging ikan bandeng dimasukan kembali dalam kulit ikannya. Lalu kemudian dibalut dengan kulit pisang dan dipanggang.

Otak-otak bandeng ini sangat cocok untuk lauk dan ditemani nasi hangat. Uh, sangat menggiurkan nih.

2. Bandeng presto

Proses pembuatan bandeng presto. (Foto: dok. Istimewa)

Ingat bandeng pasti ingat bandeng presto. Memang olahan ikan bandeng satu ini sudah tidak asing lagi. Apalagi untuk kamu yang sebel banget sama duri ikan bandeng yang banyak, olahan ini sangat cocok.

Diolah menggunakan panci khusus yang dapat menghasilkan uap bertekanan tinggi, duri ikan bandeng yang banyak itu akan berubah menjadi lunak. Selain itu bumbu garam, kunyit dan bawang putih pada bandeng presto membuat olahan satu ini rasannya sungguh menggugah selera.

3. Bandeng presto diolah tanpa duri

Proses pengemasan bandeng presto. (Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan)

Nah, selain diolah dengan cara dipresto. Mengatas duri ikan bandeng yang sangat banyak juga bisa dengan diolah menjadi bandeng tanpa duri.

Cara membuatnya cukup menguras kesabaran dan ketelitian nih. Bagaimana tidak, kamu harus mencabut durinya satu-persatu secara manual. Tapi setelah semua duri dicabut dijamin acara makan bandengmu jadi lebih nikmat karena tak perlu lagi khawatir dengan duri-duri yang bisa menusuk ke tenggorokan.

4. Siomay Bandeng

Street food Indonesia, siomay. (Foto: Dok. qraved.com)

Kebayang nggak kalau ikan bandeng diolah menjadi siomay? Tapi olahan ini memang ada lho. Untuk membuatnya cukup mudah. Pertama kamu harus membersihkan duri-duri ikan bandeng lalu digiling. Setelah itu ditambah aneka bumbu rempah-rempah sesuai selera kamu. Tinggal direbus deh.

Mudah kan? Rasa siomay bandeng tak kalah dengan siomay pada umumnya, dijamin kamu bakalan ketagihan dengan siomay bandeng ini.

5. Bakso

Ilustrasi bakso (Foto: Dok. Thinkstock)

Bakso ternyata tak hanya diolah dari daging sapi atau ayam saja. Bisa juga dengan bahan Ikan bandeng. Untuk rasanya pun tak kalah dengan bakso pada umumnya, dijamin bakalan bikin kamu nagih dan nambah berkali-kali.

Kamu ingin membuatnya sendiri? Caranya cukup mudah, ikan bandeng dibuang durinya dan dibersihkan lalu digiling. Kemudian gilingan daging tadi ditambahkan bumbu rempah-rempah sesuai dengan selera kamu. Setelah itu buat olahan daging menjadi bentuk bulat dan rebus hingga masak.

Olahan bakso bandeng ini sangat cocok kamu nikmati ketika udara sedang dingin-dinginnya.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Nah itu dia aneka olahan bandeng yang bisa kamu santap dan coba di rumah. Ternyata bandeng jika diolah secara kreatif bisa menjadi masakan yang sedap dan menggugah selera ya. Yuk bikin!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: