Memaknai Hari Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi COVID-19

Pranata Humas LIPI
Konten dari Pengguna
14 Agustus 2021 10:06
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dodi Rosadi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Memaknai Hari Kemerdekaan RI di Tengah Pandemi COVID-19 (58157)
searchPerbesar
Foto Hut RI ke-76 (sumber: freepik.com)
“Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati'!" Ir. Soekarno
ADVERTISEMENT
Mengisi kemerdekaan merupakan tugas kita bersama, dalam hal memaknai kemerdekaan. Kegiatan kita boleh saja terhambat di tengah pandemi Covid-19, akan tetapi semangat kita dalam memaknai dan mengisi kemerdekaan tetap berkorbar.
Pada tahun 2021 ini, Indonesia akan memasuki 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Pada tahun ini tentu sangat berbeda menyambut kemerdekaan, di mana biasanya kita warnai Hari Kemerdekaan RI dengan mengikuti upacara bendera di lapangan (ASN) dan berbagai lomba diadakan di berbagai daerah di Indonesia.
Itu semua tidak bisa kita laksanakan karena pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Kita tetap bisa ikut merasakan semangat menyambut Hari Kemerdekaan RI secara online mulai dari upacara bendera, sampai mengikuti lomba secara online.
Berbagai upaya pemerintah sudah melakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yang terakhir pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kita juga harus mengikuti dan mematuhi apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Selanjutnya kita juga perlu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, di mana dan kapanpun kita berada.
ADVERTISEMENT
Merdeka dan Kemerdekaan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merdeka memiliki arti, keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan.
Menurut Ririn Purwaningsih (2021). Kemerdekaan berasal dari kata merdeka yang artinya bebas, tidak terikat, atau tidak dijajah, dapat diartikan lepas dari segala ikatan yang tidak pantas (layak), sehingga menjadi bebas untuk menentukan nasib sendiri demi segala kebaikan.
Kata merdeka berasal dari bahasa Sansekerta mardika yang artinya pandai, terhormat, bijaksana, dan tidak tunduk kepada seseorang selain raja atau Tuhan. Dalam bahasa Melayu, merdeka berarti bebas, baik dalam pengertian fisik, kejiwaan, maupun dalam arti politik.
Makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, bahwa kita harus bebas dari segala macam bentuk penindasan dan penguasaan asing. yang berarti bahwa bangsa Indonesia bebas untuk menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Kemerdekaan RI yang biasanya kita lakukan dengan berbagai lomba, seperti balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, di masa pandemi ini bisa kita gantikan dengan kegiatan di rumah atau mengikuti perlombaan secara online, seperti lomba menulis artikel, lomba menulis puisi yang diadakan oleh instansi pemerintah/umum
Perayaan Kemerdekaan RI ke-76 ini, memang berbeda untuk kedua kalinya. Pasalnya di tahun ini Indonesia masih merayakan Hari Kemerdekaan RI di tengah pandemi Covid-19.
Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai kemerdekaan. Dikutip dari https://www.liputan6.com (2021). Andien, penyanyi, mengungkapkan pandangannya tentang kemerdekaan, baginya kemerdekaan adalah tentang kebebasan.
Arti kemerdekaan menurutnya, kita memiliki kebebasan untuk menentukan yang kita inginkan dan butuhkan, hak-hak kita didapatkan, tentunya juga dengan menyelesaikan kewajiban-kewajiban kita. Itu adalah esensi kemerdekaan yang sesungguhnya,
ADVERTISEMENT
Kemerdekaan di Tengah Pandemi Covid-19
Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-76 banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, seperti memasang bendera merah putih di rumah kita, ikut membantu menghias lingkungan di sekitar kita dengan nuansa merah-putih. Kita juga bisa ikut berpartisipasi berbagai lomba yang diadakan secara online.
Pandangan penulis memaknai Kemerdekaan RI di tengah pandemi Covid-19 yang bisa kita lakukan:
Pertama. Semangat gotong royong. Di masa pandemi Covid-19 kita bisa saling membantu, memberi semangat kepada keluarga, masyarakat yang terkena Covid-19 atau sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Kedua. Menerapkan protokol kesehatan. Mari kita bersama-sama untuk berjuang dengan selalu menjaga diri, mematuhi protokol kesehatan kapanpun dimanapun kita berada. Ketiga. Melawan Covid-19. Kita harus optimis dan mampu bisa melawan Covid-19. Keempat. Mengikuti upacara bendera secara virtual. Bagi ASN, salah satu cara memaknai kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19 dengan mengikuti upacara bendera yang di adakan di instansi tempat bekerjanya. Kelima. Mengikuti lomba HUT RI ke-76. Kita bisa memaknai kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19 ini dengan cara, kita ikut berpartisipasi berbagai lomba yang diadakan secara online.
ADVERTISEMENT
Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tengah pandemi Covid-19 ini, kita jadikan pembelajaran dan semangat kebersamaan, gotong royong, berjuang dan bangkit bersama untuk Indonesia yang lebih baik. Harapan ke depan, semoga kita bisa mengatasi pandemi ini.(dr)
Dodi Rosadi-Pranata Humas LIPI
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020