kumparan
25 Oktober 2019 15:54

7 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Harus Diketahui Ibu

ciri-bayi-tumbuh-gigi-doktersehat.jpg
Ilustrasi bayi rewel karena tumbuh gigi (Sumber foto: ShutterStock)
Doktersehat.com – Ada beberapa ciri bayi tumbuh gigi yang jarang disadari orang tua. Alhasil para orang tua pun merasa panik akan perubahan yang terjadi pada si kecil.
ADVERTISEMENT
Lebih jelasnya, ini beberapa ciri bayi tumbuh gigi yang perlu diketahui oleh ibu:

1. Sering Menggigit

Timbulnya tekanan dari gigi yang akan tumbuh membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga merasa terus ingin menggigit. Tak heran kalau si kecil menggigit apapun yang sedang dipegangnya, termasuk menggigit puting ibu ketika sedang menyusu.

2. Susah Makan

Rasa sakit yang timbul juga membuat bayi jadi susah makan. Meskipun Bunda coba berikan ASI maupun susu melalui botol, tak jarang bayi akan menolaknya. Ciri yang satu ini biasanya membuat sang ibu khawatir.

3. Sering Ngiler

Bayi yang tumbuh gigi biasanya akan lebih banyak memproduksi air liur. Hal ini disebabkan oleh rangsangan yang muncul dari tumbuhnya gigi. Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada bayi berusia 10 minggu.
ADVERTISEMENT

4. Lebih Rewel dan Mudah Marah

Ciri bayi tumbuh gigi yang satu ini tergolong umum dan sudah diketahui oleh banyak orang tua. Sangat wajar apabila bayi menjadi lebih rewel daripada biasanya akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Bukan beberapa jam, rewel bisa berlangsung beberapa hari atau hitungan minggu.
Gigi bayi
Tips menghadapi anak rewel ketika tumbuh gigi Foto: Pixabay

5. Susah Tidur Malam

Rewel yang dialami bayi bukan hanya menangis, melainkan menyebabkan si kecil susah tidur malam. Jika si kecil bisa tertidur, maka bukan tidak mungkin akan sering terbangun di malam hari. Kalau begini, bayi jangan disusui karena akan membuat gusinya semakin sakit dan tidurnya terganggu.

6. Demam Ringan

Pada umumnya, bayi yang tumbuh gigi akan mengalami demam ringan. Meskipun tidak selalu terjadi, biasanya ini disebabkan oleh radang di area gusi. Ciri yang satu ini akan reda dengan sendirinya dan biasanya akan berlangsung hingga 3 hari.
ADVERTISEMENT

7. Gusi Bengkak

Bayi usia 6-12 bulan biasanya akan mengalami berbagai efek samping. Tidak hanya sakit, biasanya gusi pun akan membengkak, namun ini adalah hal yang wajar. Pembengkakan gusi akan kembali normal jika gigi sudah tumbuh.
***
Itu dia beberapa ciri bayi tumbuh gigi yang haru diketahui oleh para ibu. Lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter. Dapatkan beragam tips mengenai ibu dan anak dengan mengunjungi www.doktersehat.com.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan