5000 Warga Telah Merasakan Manfaat Kurban Melalui THK Dompet Dhuafa Sulsel 2021

Dompet Dhuafa Sulsel
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (zakat, infak, sedekah, wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal.
Konten dari Pengguna
30 Juli 2021 10:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa Sulsel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Berbagi hewan kurban hingga ke pelosok sulawesi
Pada hari raya Idul Adha, umat muslim merayakan dan berbagi sukacita dengan berkurban. Berkurban tidak hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT namun juga membentang kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama.
ADVERTISEMENT
Sejak 1994 sebagai bentuk perayaan hari raya Idul Adha, Dompet Dhuafa membuat program Tebar Hewan Kurban (THK) untuk menebar kebaikan hingga pelosok negeri. Melalui THK, Dompet Dhuafa menjangkau berbagai wilayah daerah seperti wilayah tertinggal, kepulauan, miskin, rawan gizi, daerah yang belum pernah menikmati daging kurban, hingga daerah terkena bencana alam.
Melalui THK, Dompet Dhuafa menjangkau berbagai wilayah daerah termasuk daerah terkena bencana alam.
Pada Selasa (27/7/2021), Tahun ini program THK Dompet Dhuafa cabang Sulawesi Selatan menyasar 10 kabupaten di 2 provinsi yaitu Sulawesi yaitu Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Masing-masing diantaranya yaitu Kabupaten Gowa, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Maros, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Bone, Kabupaten Pangkep, Pare-Pare, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), dan Kabupaten Majene.
Sebanyak 141 ekor hewan ternak berupa sapi dan kambing kepercayaan donatur telah berhasil salurkan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 5000 keluarga telah merasakan manfaat daging kurban.
ADVERTISEMENT
“Terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah menyumbangkan hewan kurbannya hingga desa kami yang terdampak banjir yang cukup parah ini. Hewan kurban ini sangat bermanfaat bagi warga saya, mereka akan senang sekali. Sekali lagi terima kasih banyak,” ucap Saharuddin Silla Kepala Desa Tarowang, Jeneponto.
Kepala cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat Hidayat HM mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu melancarkan program THK Dompet Dhuafa tahun ini. “Terima kasih atas amanah kurban yang telah tunaikan melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa 1442 H/ 2021 M. Semoga Allah selalu menaungi keberkahan kepada para pequrban dan kita semua”.
Bagi Dompet Dhuafa, kepercayaan para donatur menjadi prioritas utama dalam mengemban amanah menebar manfaat bagi mereka kaum dhuafa yang membutuhkan. Untuk itu, momen Idul Adha (Hari Kurban) tak pernah dilewatkan Dompet Dhuafa untuk mengajak masyarakat, lembaga maupun korporat untuk ikut berbagi kebahagiaan dengan menebar hewan kurban di berbagai wilayah pelosok terlebih di masa pandemi saat ini.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa telah menyalurkan lebih dari 200 ribu hewan kurban ke penjuru dunia. Dompet Dhuafa memperhatikan mutu melalui 4 parameter yakni bobot hidup, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan, dan tepat sasaran.
“Proses quality control selalu dilaksanakan dompet dhuafa memastikan ibadah kurban anda berkualitas. Mulai dari fase pengadaan sampai pemotongan yang sesuai syariat. Amanah kurban disalurkan ke wilayah miskin, tertinggal, dan pedalaman serta wilayah bencana. Manfaat kurban juga memberdayakan peternak lokal binaan dompet dhuafa untuk mandiri dan membentang kebaikan. Selain pemberdayaan peternak, hal ini juga turut menguatkan ketahanan pangan masyarakat yang jarang menikmati daging hewan kurban,” pungkas Rahmat.