Akhir Tahun 2021, DD Waspada Bersama RSU Sufina Aziz Gelar Sunat Massal Gratis

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa
Konten dari Pengguna
31 Desember 2021 11:44
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Akhir Tahun 2021, DD Waspada Bersama RSU Sufina Aziz Gelar Sunat Massal Gratis (124718)
zoom-in-whitePerbesar
Gelar Sunat Massal Gratis, Dompet Dhuafa Waspada bersama RSU Sufina Aziz berhasil diikuti 100 anak se Medan, Sumatera Utara (Kamis, 30/12). Dok. Dompet Dhuafa Waspada
ADVERTISEMENT
MEDAN, SUMUT - Sempat terhenti selama pandemi, RSU Sufina Aziz kini kembali menggelar kegiatan khitan atau sunat massal, Kamis (30/12). Dari kegiatan ini, Dompet Dhuafa Waspada turut menyukseskan pelaksanaannya dengan memberikan 50 paket school kit untuk para peserta.
ADVERTISEMENT
Saat memberikan sambutan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, menyampaikan bahwa pihaknya begitu mendukung penuh kegiatan ini. “Senang sekali ya bisa terlibat dalam kegiatan ini, kita bantu apa yang bisa kita bantu, kemarin sepakat kita support bagian souvenir untuk peserta khitan berupa paket school kit, ada tas dan alat tulis biar anak-anak senang,” ungkap Sulaiman.
Sulaiman juga mengatakan bahwa Dompet Dhuafa Waspada dengan RSU Sufina Aziz telah menjalin kerjasama sejak lama. “Sudah sejak lama kita jalin kerjasama dengan RSU Sufina Aziz, alhamdulillah tetap berhubungan baik sampai sekarang dengan menjalankan berbagai sinergi kegiatan, harapannya ini akan terus berlanjut”.
Menanggapi sinergi antar keduanya, Ketua Yayasan RSU Sufina Aziz, Sutan Aziz, mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari Dompet Dhuafa Waspada karena ikut menyukseskan kegiatan khitan massal ini.
ADVERTISEMENT
“Tentunya yang kita harapkan keberkahan atas apa yang kita lakukan ini dan tidak lupa ucapan terima kasih kami kepada para donatur, dalam hal ini yaitu Dompet Dhuafa Waspada sebagai salah satu pendukung kegiatan kita hari ini,” ujar Sutan.
Sutan juga mengaku senang tahun ini bisa kembali menggelar kegiatan khitan massal karena selama pandemi marak di dua tahun terakhir, kegiatan ini ditiadakan. “Senang rasanya bisa kembali menggelar kegiatan ini, karena sejak tahun 2001 memang setiap tahunnya rutin kita laksanakan, apalagi khitan ini merupakan syariat Islam,” ucap Sutan.
Tentang kegiatan khitan massal ini, Direktur RS Sufina Aziz, dr. Tengku Liza Syahnas, M.KM, menyampaikan bahwa pihak rumah sakit secara terbuka memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengikutinya.
ADVERTISEMENT
“Alhamdulillah kembali kita laksanakan kegiatan khitan atau sunat massal yang diikuti sebanyak 100 anak, perlu kita informasikan juga kalau kegiatan ini terbuka untuk umum, mereka kemudian mendaftar dan alhamdulillah hari ini bisa berjalan lancar,” tambah Liza.
Liza juga menjelaskan bahwa kegiatan khitan atau sunat massal ini telah direncanakan secara matang tentang proses pelaksanaannya. “Para orang tua kita harap tidak perlu khawatir karena untuk penanggungjawab kegiatan ini ditangani langsung oleh dokter bedah anak jadi memang sudah kompeten dan memang ahlinya”.
Disamping itu, Liza juga menjelaskan bahwa metode yang digunakan untuk pelaksaan khitan ini menggunakan metode electrical cauter. “Untuk metodenya kita gunakan metode cauter, jadi insya Allah minim pendarahan ya sehingga anak-anak juga tidak terlalu panik karena banyak keluar darah,” tutup Liza. (DDW)*
ADVERTISEMENT