News
·
22 Agustus 2020 19:46

Makna Sungkeman Dalam Adat Jawa

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial
Makna Sungkeman Dalam Adat Jawa (154398)
Ilustrasi sungkeman. Dok: pinterest
Sungkeman adalah sebuah tradisi menjadi ciri khas bagi masyarakat Jawa, di mana acara sungkeman biasanya diadakan untuk melengkapi acara tertentu misalnya acara pernikahan. Arti sungkeman sendiri berasal dari kata sungkem yang bermakna bersimpuh atau duduk berjongkok sambil mencium tangan.
ADVERTISEMENT
Lantas, sebenarnya apa makna sungkeman menurut adat Jawa? Pada kesempatan kali ini, Mbah Dukun akan mencoba untuk membahasnya.
Makna Sungkeman Dalam Adat Jawa (154399)
Ilustrasi kedua orang tua bersama seorang anaknya. Dok: pixabay
Makna pertama, sungkeman merupakan ritual penyadaran diri. Melalui sungkeman, orang akan sadar dan ingat bahwa dirinya masih diwajibkan untuk memperlakukan orang tuanya dengan hormat.
Makna kedua, sungkeman merupakan sarana untuk melatih kerendahan hati. Sungkeman mengajarkan kita untuk berbuat kebaikan, agar sadar, dan disiplin sekaligus melatih mengatasi rasa ego dalam diri.
Makna Sungkeman Dalam Adat Jawa (154400)
Sungkeman dilakukan untuk meminta restu orang tua sebelum memasuki kehidupan rumah tangga. Dok: pixabay
Makna ketiga, sebagai wujud ungkapan terima kasih. Sungkeman merupakan wujud ungkapan terima kasih anak kepada orang tua yang telah mengurusnya dari kecil hingga dewasa. Hal ini juga merupakan langkah awal sang anak untuk meminta restu orang tua sebelum memasuki kehidupan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa makna mengenai sungkeman dalam adat Jawa. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan bagi Sobat Dukun sekalian.