kumparan
News21 Januari 2017 12:44

Misteri Museum Wayang

Konten kiriman user
Kota Tua malam hari. Sumber: tinalatiefblog.wordpress.com
Buat temen-temen yang suka hunting foto, kawasan Kota Tua adalah salah satu pilihan paling mainstream untuk didatangi. Secara bangunannya cantik-cantik dan keliatan Eropa banget, bekas pusat pemerintahan Belanda pas Belanda menjajah Indonesia. Tapi, bukan cuma hunting foto – hunting makhluk dari dunia lain juga bisa banget di sini, misalnya aja salah satu yang paling populer di Kota Tua: Murjangkung alias hantu kepala buntung Jan Pieterszoon Coen di Museum Wayang.
Jan Pieterszoon Coen. Sumber: oceansbridge.com
ADVERTISEMENT
Konon Jan Pieterszoon Coen itu Gubernur Jenderal pertama di Indonesia. Dulu, Indonesia itu disebut Hindia Belanda, dan Coen yang kejam terhadap pribumi malah dijadikan pahlawan nasional Belanda. Karena kekejamannya terhadap kaum pribumi, ia diturunkan dan digantung rame-rame sama rakyat Betawi. Makanya arwahnya yang bergentayangan di Kota Tua tidak ada kepalanya.
Belanda zaman dulu. Sumber: indonesia-zaman-doeloe.blogspot.com
Gue sendiri sih gak pernah liat, tapi kata temen-temen komunitas wayang gue, penampakan cewek maupun cowok Belanda tahun 1900an memang sering ketangkep basah seliweran di Museum Wayang. Dan kalau ada satu yang kepalanya gak ada, itu hantunya Coen! Lumayan kalau ngobrol sama dia mungkin bisa dapet pelajaran sejarah.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan