Tembikar Peninggalan Kebudayaan Nazca

Mahasiswa STIABI Riyadul Ulum
Konten dari Pengguna
27 April 2021 12:52
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Durotun Istiqomah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peninggalan selalu menjadi ciri bagi kehidupan, dengan adanya peninggalan juga orang-orang akan mengakui dan percaya dengan adanya kehidupan ribuan tahun lalu di zaman dulu. Salah satu yang menjadi ciri adanya kehidupan di zaman dahulu adalah tembikar, apa kalian tahu apa itu tembikar? Kalau anak sejarah tentunya pasti tahu apa itu tembikar. Tembikar adalah salah satu benda peninggalan peradaban Nazca yang terkenal dan diakui oleh dunia.
ADVERTISEMENT
Banyak peninggalan yang menjadikan peradaban Nazca di kenal oleh dunia salah satunya tembikar, Tembikar adalah alat atau perkakas yang bahan dasarnya terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk dijadikan alat-alat yang berguna setra membantu bagi kehidupan manusia. Tembikar diperkirakan ada sejak masa prasejarah, tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam.Tembikar ini banyak ditemukan di Peru kuno tepatnya Peru selatan.
Nazca adalah kebudayaan yang ada di zaman dulu tempanya di Peru selatan, kebudayaan Nazca di perkirakan ada pada tahun 200 SM dan banyak pula peninggalan-peninggalan sejarah dari kebudayaan Nazca diantaranya, Nazca lines, keramik, tekstil, dll. Nazca sangat terkenal dengan keramik dan tekstilnya, keduanya sangat terawat dengan baik. Keramik dan tekstilmya sudah ditemukan cukup banyak oleh para peneliti di dunia, para peneliti juga menemukan garis- garis misterius yang merupankan peninggalan kuno tepatnya pada masa kebudayaan Nazca yang di perkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan hal ini juga yang menjadikan kebudayaan Nazca di kenal.
Tembikar Peninggalan Kebudayaan Nazca (158705)
searchPerbesar
Gambar pttery Nazca : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/72/Vessel%2C_fisherman_with_fish_painted_in_geometric_style_-_Nazca_pottery_in_the_American_Museum_of_Natural_History_-_DSC06108.JPG/640px-Vessel%2C_fisherman_with_fish_painted_in_geometric_style_-_Nazca_pottery_in_the_American_Museum_of_Natural_History_-_DSC06108.JPG
Keramik Nazca tentunya dapat dibedakan dengan jenis keramik yang lainnya perbedaan tersebut baik dalam segi desain, warna, dan bentuknya. Desain khas keramik Nazca memakai lukisan polikrom, dengan warna dasar putih, krem, abu-abu. Desain khas keramik Nazca berupa burung, tikus, kelelawar, ikan, deretan kepala, buah-buahan, biji-bijian, dan pola geometris yang sangat beragam.
ADVERTISEMENT
Tembikar pertama kali muncul pada periode awal yang bertempatan di pantai selatan Peru, pada masa ini keramik menjadi dominan bagi masyarakat Nazca. Ada banyak gaya keramik salah satunya yaitu gaya Paracas, gaya ini menggunakan cat resin. Cat resin ini berasal dari getah getah tanaman seperti semak akasia (Cercidium praevox) atau peppohon (Schinus molle), getah-getah ini dicampur dengan pigmen mineral yang digiling secara halus.
Tembikar Peninggalan Kebudayaan Nazca (158706)
searchPerbesar
Gambar tembikar Nazca : https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Ethnologisches_Museum_Berlin_S%C3%BCdamerika_080.JPG
Untuk desain tembikar dibuat garis terlebih dahulu lalu hasilnya kemudian dicat dengan pigmen berwarna cerah untuk menghasilkan warna yang bagus. Pembuatan gaya Paracas ini menggunakan teknik pemodelan, penggulungan, dayung dan landasan. Pembuatan keramik ini dengan membuat dinding yang tipis, rata, dan dibuat corong serta gagang.
Dalam pembuatan tembikar orang-orang Nazca tidak pernah menggunakan cetakan melainkan menggunakan sejenis mangkuk atau piring yang digunakan untuk penyangga, orang-orang Nazca ketika membuat tembikar tidak menggunakan cetakan hal ini merupakan ciri khas pembuatan tembikar orang-orang Nazca yang menjadi pembeda dari suku-suku yang lainnya. Pembuat tembikar biasanya menggunakan piring atau mangkuk yang dangkal untuk membentuk sebuah tembikar yang sempurna. Dalama pembuatan tembikar pun orang Nazca menggunakan mika sebagai bahan tambahan alami yang akan membentuk tembikar mengkilap seperti kaca.
ADVERTISEMENT
Tembikar peninggalan kebudayaan Nazca merupakan bukti sejarah yang kuat atas adanya kedudayaan dan suku Nazca oleh karena itu kita senatiasa harus mempelajari hal-hal yang bisa menjadikan bukti adanya kehidupan dan kebudayaan sejak ratusan ribu tahun lalu, hal ini hanya bisa dicapai dengan diadakan nya penelitian yang serius, tembikar-tembikar tersebut ditemukan atas dasar penelitian dan menghasilkan bukti bahwa kehadiran kebudayaan Nazca sejak ribuan tahun yang lalu memang benar adanya dan terbukti akurat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020