News17 September 2020 19:23

Mahasiswa KKNT UPGRIS Memberikan Bimbingan Belajar Penguatan Literasi & Numerasi

Konten kiriman user
Mahasiswa KKNT UPGRIS Memberikan Bimbingan Belajar Penguatan Literasi & Numerasi (1446147)
Pendampingan Bimbingan Belajar Penguatan Literasi dan Numerasi Selama Pandemi Covid-19 bersama Siswa Sekolah Dasar
Di masa pandemi covid-19 ini, Universitas PGRI Semarang mengadakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang bekerja sama dengan Ditjen Dikti Kemdikbud, Badan Penanggulangan Bencana (BNBP), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes). KKN-T ini berlangsung mulai 17 Agustus hingga 17 September 2020.
ADVERTISEMENT
Dwi Mawarini (21) mahasiswi semester 7 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas PGRI Semarang, turut serta mengikuti program KKN-T ini. Dengan bimbingan Setia Naka Andrian, S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Dalam KKN-T ini mengambil tema Literasi dan Numerasi SD.
Pada saat pandemi covid-19 ini, pemerintah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan menerapkan metode pembelajaran daring. Akan tetapi dalam pelaksanannya tentu memerlukan media pembelajaran seperti handphone, laptop, atau komputer. Kondisi tersebut ternyata kurang efektif diterapkan oleh siswa Sekolah Dasar yang masih belum bisa mengoperasikannya, hal tersebut menjadi kendala terlebih karena memang tinggal di daerah pedesaan yang koneksi internetnya kurang stabil.
Untuk keberlanjutan pendidikan selama covid-19, mahasiswa KKN-T UPGRIS melaksanakan pendampingan bimbingan belajar dalam menguatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Literasi yaitu kemampuan bernalar menggunakan bahasa dengan cara membaca esedangkan Numerasi yaitu kemampuan menganalisis menggunakan angka-angka dengan cara berhitung.
ADVERTISEMENT
“Dalam pelaksanaan bimbingan belajar ini terdapat beberapa siswa yang belum mengerti akan pentingnya membaca dan kurangnya dalam meneliti untuk pengerjaan soal permasalahan matematika yang berkaitan dengan menghitung” tutur Dwi Mawar.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white