kumparan
31 Agustus 2019 7:18

3 Cara Transfer Uang Tanpa Rekening, Praktis dan Mudah

Untitled Image
Ilustrasi pengiriman uang. Foto: Getty Images
Kemudahan dunia digital saat ini membuat serba praktis. Bahkan untuk persoalan kirim yang pun bisa dilakukan tanpa memiliki rekening bank sekalipun.
ADVERTISEMENT
Buat kamu yang memang belum memiliki rekening, kini ada banyak pilihan pengiriman uang yang bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan lewat aplikasi secara online.
Berikut ini ada tiga opsi yang bisa dilakukan untuk mengirimkan uang tanpa menggunakan rekening bank.

#1 Mengirim Uang Lewat Aplikasi OVO

Dompet digital yang satu ini memang memberikan kemudahan untuk transaksi maupun dapat digunakan untuk mengirimkan uang ke sesama pengguna OVO ataupun pemilik rekening bank lainnya.
Kelebihannya, tidak ada biaya sama sekali dalam proses pengiriman uang baik ke sesama OVO maupuk ke rekening bank lainnya.
Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengisi saldo OVO yang bisa dilakukan langsung lewat driver. Setelah saldo terisi kemudian tinggal memilih opsi transfer. Ada tiga pilihan transfer yaitu ke sesama OVO, scan (trasnfer lewat barcode), dan rekening bank.
ADVERTISEMENT
Kamu hanya tinggal mengisi jumlah nominal yang ingin dikirim, nomor rekening bank tujuan, dan pesan sebagai opsional.
Pengiriman dari dompet digital OVO ke rekening bank tidak dikenai biaya sama sekali. Tetapi, jumlah maksimal saldo digital untuk akun primer dibatasi hanya sampai Rp10 juta. Sedangkan untuk akun club dibatasi hanya Rp2 juta.

#2 Mengirim Uang Lewat Aplikasi GoPay

Cara kerja aplikasi Gopay pun tidak berbeda jauh dengan OVO. Sayangnya salah satu kekurangan Gopay yaitu tidak memberikan opsi untuk mengirimkan uang ke rekening bank lainnya.
Sehingga pengiriman uang hanya bisa dilakukan sebatas sesama pengguna Gopay saja. Cara top up bisa dilakukan secara manual lewat driver Gojek. Sementara pengambilan juga harus dilakukan secara manual dengan perjanjian tertentu jika kamu benar-benar tidak memiliki rekening bank sama sekali.
ADVERTISEMENT

#3 Mengirim Uang Lewat Alfamart atau Indomaret

Cara pengiriman uang yang selama ini diandalkan sebelum adanya dompet digital yaitu kirim yang lewat alfamart atau indomaret.
Pengiriman dan pengambilan uang dapat dilakukan langsung lewat alfamart atau indomaret layaknya transaksi di bank.
Minimum pengiriman mulai dari Rp10 ribu hingga Rp5 juta. Caranya tinggal membawa kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR) ke Alfamart atau Indomaret terdekat.
Lalu petugas akan mengisi lembaran formulir pengiriman uang dan mencatat identitas pengirim serta identitas penerima.
Biaya administrasi pengiriman sebesar Rp15 ribu sampai dengan Rp25 ribu. Setelah itu pengirim akan mendapatkan kode MTCN. Kode inilah yang harus diberikan kepada penerima.
Penerima membawa kartu identitas dan menunjukkan kode MTCN saat mengambil yang di cabang Alfamart ataupun Indomaret terdekat.
ADVERTISEMENT
Itulah 3 cara pengiriman uang yang dapat dilakukan tanpa harus memiliki nomor rekening sekalipun. Menurut kamu, mana yang paling mudah dan murah?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan