• 3

Uji Coba Peremajaan Kelapa Sawit, Pemerintah Siapkan 30.000 Hektare

Uji Coba Peremajaan Kelapa Sawit, Pemerintah Siapkan 30.000 Hektare


Lahan Kelapa Sawit

Lahan kelapa sawit (Foto: Pixabay)
Pemerintah akan meremajakan lahan sawit milik petani tahun ini. Adapun cara ini dilakukan guna meningkatkan produktivitas sawit.
Untuk itu, hari ini, dua menteri Kebinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Mereka adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Selain itu, tampak hadir Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Kartika Wirjoatmodjo. Pertemuan ketiganya diinisiasi oleh Menteri Perekonomian Darmin Nasution.
Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengungkapkan, rapat kali ini membahas kesiapan pemerintah guna meremajakan lahan sawit. Selain sawit, pemerintah juga bakal melakukan hal serupa pada tanaman karet milik petani.

"Bahas program kelapa sawit rakyat dan replanting program karet rakyat, " kata Sofyan saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (17/7).
Menurut Sofyan, untuk pilot project nantinya pemerintah akan menyiapkan lahan untuk diremajakan sekitar 30.000 hektare untuk sawit dan 15.000 hektare untuk karet. Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan wilayah mana yang nantinya akan menjadi lokasi untuk program peremajaan.
"Mereka sedang memilih dulu (lahan) ada beberapa persyaratan. Persyaratan harus kompak di semua daerah, koperasinya harus kuat karena kuncinya adalah koperasi untuk peserta. Kalau individu itu sulit sekali untuk kita cegah kita jaga dan disiplinkan untuk itu kita perlu koperasi," jelasnya.
Untuk pelaksanaan eksekusi program tersebut, pemerintah akan bekerja sama dengan beberapa instansi terkait seperti Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) sawit, Kementerian Pertanian, dan perbankan.

Konpers mafia tanah

Menteri ATR Sofyan Djalil konpers mafia tanah. (Foto: Adita Noviansyah/kumparan)

"Sebuah skema yang sudah dikembangkan dan kelihatannya ini sudah menemukan dan mudah-mudahan program ini akan bisa kita dilaksanakan," ujarnya.
Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan, dengan adanya program replanting ini bisa membantu para petani sawit. Di mana sebelum masa panen kelapa sawit, petani akan diberikan bibit jagung dan kedelai untuk ditanam.
"Jadi petani itu bisa mendapatkan penghasilan sebelum mereka mendapatkan penghasilan dari kelapa sawit," kata Amran.
Sedangkan Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, pemerintah menggandeng Bank Mandiri untuk memberikan KUR kepada para petani sawit.
"Karena banyak sawit yang dikelola oleh rakyat yang sudah mulai tua. Jadi kita lagi bikin skema untuk KUR yang khusus untuk replanting sawit yang nanti dikombinasikan dengan dana dari BPDP sawit," ujarnya.

Kelapa SawitCPOSofyan DjalilKemenko PerekonomianEkonomi

presentation
500

Baca Lainnya