• 3

2017, IHSG Rentan Goncangan

2017, IHSG Rentan Goncangan



Indeks Saham

Ilustrasi indeks saham (Foto: Pixabay)
Terpilihnya Donald Trum sebagai Presiden AS memberikan dampak pada tingginya volatilitas yang akan terjadi tahun depan. Hal ini akan berdampak pada pasar modal di Tanah Air.
Analis First Asia Capital David Sutyanto memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun depan akan rentan “jungkir balik”. Namun itu bukan hal yang perlu ditakuti.
Menurut David Trump Effect menyebabkan ketidakpastian di pasar karena memang investor umumnya mengharapkan Hillary Clinton yang akan menjadi pemimpin baru AS.
“Saat ini pelaku pasar masih belum tahu ke mana arah ekonomi AS, apakah agresif atau defensif. Namun setelah kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika beberapa waktu lalu,kemungkinan akan agresif,” ujar David kepada kumparan, Senin (26/12).
Selain itu peta politik dunia juga akan berubah karena Trump sempat menyatakan niat bersekutu dengan Rusia. Akibatnya pergeseran ekuilibrium dunia akan terjadi. Sehingga wajar sekali jika tahun depan pasar modal bisa sangat volatil.
Lantas, bagaimana prediksi soal IHSG?
David menjelaskan, IHSG tahun depan akan tumbuh 10-15 persen dari posisi penutupan tahun ini yang diprediksi tidak turun dari level 5.000. Sehingga IHSG diperkirakan bisa bertengger di level 5.500-5.750 pada 2017.
Dari sisi fundamental yang menggerakkan IHSG tahun depan kinerja ekonomi Indonesia diperkirakan David masih bagus. Meskipun pertumbuhannya masih di bawah 5,5 persen.
“Tapi overall dari semua aspek yang menentukan kenaikan IHSG,kita cukup calm apalagi dengan suksesnya tax amnesty,” jelasnya.

EkonomiIHSGSahamFinansialMarket Review

500

Baca Lainnya