• 0

Sri Mulyani Bentuk Tim Reformasi Pajak dan Bea Cukai

Sri Mulyani Bentuk Tim Reformasi Pajak dan Bea Cukai



Peluncuran Tim Reformasi Pajak dan Cukai

Peluncuran Tim Reformasi Pajak dan Cukai oleh Sri Mulyani (Foto: Rivi Satrianegara)

Menteri Keuangan Sri Mulyani meresmikan tim Reformasi Perpajakan dan Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai. Sri mengatakan tim tersebut dibentuk untuk meningkatkan kinerja para pegawai pajak dan bea cukai dalam rangka meningkatkan penerimaan negara.
"Kami ingin membangun institusi pajak dan bea cukai yang kredibel serta bisa dipercaya oleh publik dan mampu melaksanakan tugas sesuai kontitusi dan Undang-Undang,” kata Sri di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (20/12).
Menurut Sri, beberapa tugas yang diemban Direktorat Pajak dan Bea Cukai diantaranya adalah mengumpulkan penerimaan negara dan menciptakan kepastian usaha. Selain itu, petugas pajak dan bea cukai juga harus bekerja secara profesional, efisien, dan berintegritas.
Banyak tokoh yang dilibatkan dalam tim tersebut, yaitu kalangan internal kementerian keuangan, Komisi Pemberantasan Korupsi, pengusaha, hingga wartawan.
"Kami undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dunia usaha, para pengamat, dan narasumber ahli. Kami juga mengundang para pelaku yang menjadi stakeholder utama bagi pajak dan bea cukai," katanya.
Selain dari dalam negeri, Sri juga menggandeng lembaga internasional untuk masuk dalam tim observer, yakni perwakilan dari Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Organisasi Untuk Kerjasama Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development's/OECD). Ketiga lembaga tersebut akan mulai efektif bekerja untuk tim reformasi perpajakan dan bea cukai mulai tahun depan.
"Pada awal tahun nanti saya janji akan segera melakukan pertemuan lagi untuk menetukan apa yang menjadi rencana tim ini," ujarnya.

EkonomiKeuanganBisnisFinansial

500

Baca Lainnya