Pencarian populer
USER STORY

Pentingnya Menjaga Laut Untuk Bumi

World Oceans Day atau Hari Laut Sedunia merupakan perayaan tahunan yang diperingati di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Hari Laut Sedunia ini ditetapkan pada 8 Juni 1992 di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil dan dikoordinasikan secara internasional oleh Ocean Project dan World Ocean Network.

Penting gak sih Hari Laut Sedunia ini? Penting banget dong, salah satunya ya biar jadi hari peringatan untuk kita, menghargai laut-laut di dunia. Patutlah laut kita hargai, laut selain jadi tempat hidup makhluk-makhluk air, laut juga jadi jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. Laut memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan manusia. Fungsinya tidak bisa dilepaskan begitu saja.

Laut seperti darah dalam tubuh, sedangkan terumbu karangnya adalah jantung yang memompanya. Laut mengambil andil dalam mengatur iklim. Menghidupi jutaan spesies makhluk di dalamnya, memproduksi oksigen. Hingga menghidupi manusia.

Sayangnya laut kini mengalami masalah serius. Salah satunya adalah ancaman sampah plastik.

Sejak 1964 produksi plastik meningkat dan sepertiga sampahnya selalu berakhir di lautan. Bahkan menurut laporan yang ditulis oleh Ellen MacArthur Foundation, diperkirakan tahun 2050 jumlah sampah plastik akan jauh lebih banyak daripada ikan di lautan.

Menurut penulusuran National Geographic, sebanyak 99 persen sampah plastik mikroskopik yang hilang disebabkan dimakan oleh hewan. Terdengar mengerikan bukan? Ayo lakukan sesuatu. Caranya kontrol penggunaan kantung plastikmu, dan jangan buang sampah sembarangan terutama ke sungai dan laut. Agar kantung plastikmu tidak berakhir di perut penyu.

Cari tahu yuk fakta-fakta laut Indonesia, jadi bisa semakin peduli deh sama laut sendiri! Ini dia fakta laut di Indonesia :

1. Luas wilayah laut Indonesia adalah 96.079,15 km2, inilah yang menjadikan Indonesia sebagai wilayah kepulauan terbesar di dunia.

2. Indonesia punya garis panjang terpanjang kedua di dunia, yaitu sebesar 55 ribu km2, setelah Kanada.

3. 2/3 wilayah negara Republik Indonesia merupakan lautan dan sisanya adalah daratan.

4. Luas gugusan terumbu karang Indonesia sebesar 18 persen dari total dunia, ada Bunaken dan Raja Ampat, contohnya.

5. Jumlah keanekaragaman hayati Indonesia atau biodiversity yang mencapai 37 persen dari keanekaragaman hayati dunia.

6. Jumlah spesies ikan hiu di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia, sekitar 150 spesies.

7. Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting buat mamalia laut dunia! Dari 87 jenis mamalia laut di dunia, ada 32 jenis mamalia laut dari kelompok lumba-lumba, paus (termasuk paus biru, yang terancam punah) dan bisa dijumpai di Indonesia.

8. Laut Indonesia memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia lho, Pop Patriotics. Termasuk Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera!

9. Allowable catch (potensi tangkapan) dari hasil laut Indonesia mencapai 5,2 juta ton per tahun atau setara dengan 7,2 triliun Rupiah! Nggak heran sih, kalau 57-60 persen asupan protein hewani kita, rakyat Indonesia, berasal dari laut.

10. Makanya menjadikan Indonesia sebagai pemasok 10 persen perikanan di dunia.

Sumber :

http://www.damniloveindonesia.com

https://student.cnnindonesia.com

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: