kumparan
9 Apr 2019 18:45 WIB

Ayo, Jangan Golput Ya

Warga mengambil surat suara saat melakukan simulasi pemungutan suara di Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/5). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kalau teman-teman mau baca sedikit, Brexit ternyata membawa penyesalan. Ternyata, ada banyak orang yang menyesal tidak menggunakan hak pilih pada 23 Juni 2016. Mereka menyesal karena ketika Inggris akan meninggalkan Uni Eropa terjadi kerugian ekonomi.
ADVERTISEMENT
Saat referendum, 17,4 juta pemilih setuju Inggris meninggalkan Uni Eropa, 16,1 juta orang menolak Brexit, dan 12,9 juta pemilih tidak hadir. Sebanyak 12,9 juta pemilih itu yang kemudian menyesal. Sebagian dari mereka adalah anak-anak muda.
Dan, ketika masa depan Inggris penuh ketidakpastian maka anak-anak muda itu yang kemudian menyesal. Bagaimana dengan lapangan kerja ketika banyak perusahaan memilih pergi dari Inggris.
Anyway, minggu depan kita mau Pemilu, lho. Pemilu serentak dengan begitu banyak surat suara. Kita tentu sudah tahu siapa itu Pak Jokowi, dan siapa itu Pak Prabowo. Kita sudah tahu harusnya condong ke siapa.
Namun, condong ke siapa itu hanya akan jadi konkret kalau kita mencoblos. Nah, mari luangkan waktu untuk mencoblos. Jangan liburan dulu meski hari Jumat setelahnya libur. Ini kan lima tahun sekali, ya jadi warga negara yang baik lah. Harga tiket pesawat juga sedang mahal.
Ilustrasi mencoblos Foto: kumparan/Denny Armandhanu
Kenapa harus mencoblos? Ya, seperti di referendum Inggris tempo hari, jangan sampai menyesal di belakang. Sebagai warga negara yang baik ya mari kita tentukan perjalanan bangsa ke depan melalui pemilu.
ADVERTISEMENT
Lagipula, kalau tidak mencoblos maka tidak serulah. Mari cerita apa ke anak cucu kalian? Mari cerita kalau kalian tidak peduli? Toh, kalau jagoan kita kalah, kita bisa cerita kalau sudah berupaya semaksimal mungkin kan.
Jangan pakai alasan sibuk karena toh sudah diberikan hari libur saat pemilu minggu depan. Saat mencoblos juga harusnya jadi momen senang-senang, kan namanya juga pesta demokrasi. Makan-makanlah dengan tetangga, minimal silaturahmi. Ayo jangan Golput, ya Guys. / ESL
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan