Pencarian populer
USER STORY
7 Januari 2019 10:46 WIB
0
0

Menyongsong Tahun 2019: Resolusi, Mimpi, hingga Misteri

Suasana Pesta kembang api pada malam tahun baru di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pergantian tahun sudah tiba. Buat orang Indonesia, tahun 2019 seperti misteri. Karena sudah ribut sekali orang bicara soal Pemilu. Bicara soal pemimpin baru. Bicara juga soal Indonesia akan punah. Waduh.

Apa yang kalian lakukan saat pergantian tahun? Ya, mau have fun juga boleh karena hidup harus dirayakan. Mau introspeksi diri boleh supaya tahun depan jadi lebih baik lagi. Mau berdoa? Ya boleh banget. Berdoalah sekalian untuk sesamamu dan untuk bangsa ini.

Foto Eka Sari Lorena. (Foto: Dok: Eka Sari Lorena)

Yang jelas, kalau have fun ya jangan berlebihan. Ingatlah, beberapa waktu terakhir ini ada bencana menimpa tanah air kita. So, kalau kita tidak bisa membantu mereka maka setidaknya jangan mencederai perasaan mereka ya.

Lebih big no lagi adalah merayakan pergantian tahun dengan mengganggu orang lain. Jangan bikin rusuh, jangan mabok, jangan nabrak mobil orang lain. Dan, be nice-lah sama orang. Kamu juga ingin mereka nice denganmu kan.

Ada sebagian orang yang senang bikin resolusi. Mereka menulis di secarik kertas atau di note smartphone mereka soal resolusi tahun depan. Menarik juga lho. Karena setidaknya, mereka tahu apa yang mereka mau. Hidup mereka jadi lebih jelas dan terarah.

Foto bersama keluarga. (Foto: Dok: Eka Sari Lorena)

Zaman sekarang, bahkan ada notes yang punya target harian. Jadi, orang itu tahu apa yang akan mereka raih di hari itu. Rada gila, tapi mereka tahu gimana mereka harus bergerak tiap hari. Dan tahu kalau hari itu takkan beralih tanpa berbuat sesuatu.

Meski, ada yang hanya mengulang-ulang resolusi. Resolusi tahun ini yang belum tercapai diulang lagi tahun depan. Gitu saja terus. Dan, kapan tercapainya resolusi itu? Entahlah. Tapi ya setidaknya, dia punya mimpi.

Anyway, seorang penulis Turki, Mehmet Murat Ildan, pernah berkata: “What do you need in the New Year? You need a dream; your dream needs an action; and your action needs right thinking! Without right thinking, you can have only unrealised dreams!” Selamat tahun baru ya teman-teman.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20