Pencarian populer
30 Maret 2019 13:16 WIB
0
0

Perempuan Indonesia, Tidak Ada yang Tidak Bisa

Eka Sari Foto: Dok. Eka Sari

The Sky is your limit indeed.

Kalian perempuan Indonesia? Ingin hidup lebih sejahtera, bahkan hidup yang lebih berguna? Kenapa tidak segera membuat rencana untuk mewujudkannya? Meski kita perempuan, jelas tidak ada salahnya punya mimpi tinggi, bahkan setinggi-tingginya.

Walau jelas, saya tahu selalu ada tantangan-tantangan bagi perempuan Indonesia untuk meraih mimpinya. Contoh sederhana adalah, tidak mudah bagi kita untuk berpergian ke pelosok-pelosok Indonesia sendirian seperti perempuan di negara maju. Ada hambatan soal infrastruktur dan fasilitas.

Pengalaman saya di Indonesia berpergian ke daerah-daerah di luar Jawa tidak selalu merasa aman dan nyaman. Contoh sederhana tentang ketersediaan toilet. Padahal, bagi perempuan, sanitasi sangat penting.

Hal lain yang menghambat kita adalah soal persepsi dan adat kebiasaan.

com-Ilustrasi dukungan untuk perempuan Foto: Shutterstock

Ketika saya kecil, sering orang menyangka mimpi saya ketinggian sebagai anak perempuan. Sampai hari ini, saya masih suka agak kesal jika mendengar bagian ini atau karier ini cocoknya untuk anak laki-laki bukan anak perempuan.

Toh, ketika saya bertindak sebagai pemimpin perempuan, keluarga tetap tertangani. Kemampuan perempuan untuk multitasking itu yang luar biasa. Tidak semua pria bisa multitasking seperti pemimpin perempuan lho.

Perempuan di Indonesia sungguh luar biasa. Ada banyak perempuan di Indonesia yang bisa jadi CEO di era yang lebih dahulu di bandingkan Amerika.

Di Indonesia, pernah ada Megawati yang jadi presiden perempuan pertama kita. Di Amerika? Belum pernah ada presiden wanita.

Di negara kita, ada menteri perempuan yang hebat-hebat. Ada Sri Mulyani, Menteri Keuangan kita yang cerdas itu. Lalu ada juga Susi, Menteri Kelautan dan Perikanan. Saya dan Ibu Susi, tahun 2019 ini, sama-sama terpilih jadi Inspiring Women Indonesia versi Globe Asia.

So, jangan pernah meremehkan perempuan Indonesia ya. Jangan pernah meremehkan dirimu sendiri, ladies. Semangat. Yes We Can. Kita Bisa. / ESL

#sisterhood #karinasoerbakti #perempuan #indonesia #blessed

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23