Pencarian populer
3 Maret 2019 0:28 WIB
4
1

Sudahlah, Jangan Kecanduan Gadget

Ilustrasi Perempuan Menggunakan Gadget Foto: Unsplash

World Health Organization (WHO) telah menetapkan kecanduan game atau game disorder sebagai penyakit gangguan mental pada 2018. Ternyata, kecanduan game bukan hal biasa. Bahkan, sudah menjadi perhatian PBB dan dunia.

Kenapa dibilang gangguan mental? Ya, perhatikan saja, makin banyak anak stres dan agresif ketika dilarang main game. Iya kalau jadi gamer, ya gimana kalau tidak jadi apa-apa tetapi hanya buang-buang waktu saja untuk main game? Sia-sia banget, kan?

Ada juga sih main game yang mungkin berguna. Untuk menerbangkan pesawat militer UAV, misalnya? Jadi, militer di negara maju suatu hari nanti pasti akan lebih banyak merekrut siapa saja yang senang main game. Kenapa? Karena controller-nya memang sengaja dibuat tidak jauh berbeda.

Yoga, salah satu kegiatan Eka agar tak kecanduan gadget Foto: Eka Sari Lorena

Kecanduan yang lain adalah kecanduan gadget. Sepertinya, ada yang kurang kalau tidak mengecek handphone tiap beberapa menit sekali. Kalau yang dicek itu order kerjaan maka mungkin saja dimaklumi tapi kalau yang dicek sekadar WhatsApp Group ya sekali lagi buang waktu.

Masih banyak lho hal-hal yang dapat dikerjakan tidak sekedar mengecek gadget. Masih ada banyak hal yang dapat dipelajari. Apa itu? Ya, cara untuk bangun network. Ini caranya macam-macam tergantung sasaran. Bahkan, bisa juga misalnya, dengan belajar main golf.

Atau, kalau kalian milenial ya lari lah. Bukan lari dari kenyataan ya, tapi ikutan lari dong. Kan, bisa sekalian memperluas network di antara para pelari. Tapi networking itu butuh komitmen, lho. Butuh take and give dan butuh pengorbanan waktu.

Nah, kalau kalian kecanduan game atau gadget, gimana mau belajar sesuatu yang bermanfaat? Happy weekend ya.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23