Pencarian populer

10 Rekomendasi Wisata Alam yang Cocok untuk Rayakan HUT RI

Ada banyak cara untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, mulai dari ikut lomba panjat pinang, karnaval memakai baju daerah, hingga upacara bendera. Bagi pencinta alam sendiri, ada kepuasan tertentu jika di tanggal 17 Agustus bisa mengibarkan Sang Merah Putih di tempat-tempat spesial.
ADVERTISEMENT
Di mana sajakah itu? Yuk, simak tempat-tempat seru yang bisa kita sambangi guna memeriahkan hari lahir bangsa kita.
1.Gunung Gede
Tidak jauh dari Jakarta, dari tahun ke tahun, Gunung Gede setinggi 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu selalu ramai di bulan Agustus.
Puncak Gunung Gede (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Jika kamu berencana ke sini untuk merayakan hari kemerdekaan, pastikan untuk mengecek jadwal atau tanggal buka tutup jalur pendakian dan mendaftar jauh-jauh hari, karena kuota pendaki dibatasi dan biasanya peminatnya tinggi sekali.
2. Pulau Padar, Labuan Bajo
Merah putih teruslah berkibar hingga jauh di pelosok Nusa Tenggara Timur. Pulau Padar di Labuan Bajo akan jadi tempat yang menakjubkan bagi Sang Merah Putih untuk berkibar di langit biru.
Pulau Padar, Labuan Bajo. (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Ada beberapa pos di Labuan Bajo dengan tanah lapang yang luas sehingga cocok untuk upacara. Dibungkus dengan keelokan alam di sekelilingnya yang seolah menjelajah dari pulau ke pulau. Upacara di sini akan membuat dada bertalu-talu penuh rasa bangga.
ADVERTISEMENT
3. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa (Dok: Rifqy papan pelangi)
Pulau tak berpenghuni yang terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ini seperti magnet yang kuat untuk perayaan 17 Agustus. Langitnya yang biru jernih, pantainya yang putih lembut cocok sekali untuk mengibarkan Merah Putih perlambang berani dan suci dari para pahlawan kita.
4. Nusa Penida
Nusa Penida (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Keindahan pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali ini sungguh tak terbantahkan. Ada beberapa spot di Nusa Penida yang elok untuk mengibarkan bendera, beberapa di antaranya adalah Crystal Bay dan Kelingking Beach. Namun, kalau kamu enggak punya waktu dan juga tenaga untuk turun ke Kelingking Beach, mengibarkan bendera dari punggung Kelingking Beach pun tak kalah menawan.
5. Gunung Batur
Puncak Gunung Batur (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Kalau kamu ingin mendaki gunung yang tidak terlalu memeras keringat, Gunung Batur bisa jadi pilihan. Hanya dengan 2 jam pendakian saja, puncak Gunung Batur sudah dapat dicapai. Dari puncaknya, jika cuaca cerah, maka kita bisa melihat Gunung Batur dan Gunung Rinjani dari kejauhan.
ADVERTISEMENT
Mengibarkan Bendera Merah Putih di sini dengan lanskap pemandangan dua gunung lainnya menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan.
6. Tumpak Sewu
Tumpak Sewu (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Beralih ke Jawa Timur, siapa yang bisa menyangkal keindahan Tumpak Sewu yang berarti seribu air terjun ini? Areal di Tumpak Sewu memang kurang mendukung untuk upacara bendera tapi kegagahan Merah Putih akan nampak indah sekali dikibarkan di sini.
7. Air Terjun Kapas Biru
Masih di Jawa Timur, jika tidak punya waktu banyak untuk mendaki gunung namun tetap ingin mengibarkan Sang Merah Putih di hijaunya alam, cobain deh ke Air Terjun Kapas Biru.
Air Terjun Kapas Biru (Dok: Eka Situmorang-Sir)
Untuk menuju ke sana pun enggak perlu waktu lama. Buat yang pro mungkin 30-40 menit saja sudah sampai, sementara buat pemula mungkin membutuhkan waktu sekitar 60-120 menit. Tapi percayalah, air terjun dengan debit air yang sangat deras ini seperti rumah yang tepat bagi Merah Putih untuk berkibar.
ADVERTISEMENT
8. Gunung Arjuno
Puncak Gunung Arjuno (Dok: Rifqy papan pelangi)
Nama gunung yang berasal dari salah satu tokoh perwayangan ini tak pernah sepi dari pendaki. Bisa dicapai dari tiga titik pendakian yaitu Lawang, Tretes, dan Batu, gunung setinggi 3.339 mdpl ini ibarat negeri di atas awan. Merah putih terlihat gagah sekaligus anggun berkibar di atas sini.
9. Gunung Semeru
Mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Semeru adalah impian banyak pendaki. Jalurnya yang panjang sehingga menguras tenaga dan medannya yang penuh pasir menjelang puncak menjadi tantangan tersendiri. Saya selalu bermimpi bisa ke sini, namun sadar diri kalau fisik mungkin sudah tak mampu lagi.
Puncak Gunung Semeru (Dok: Rifqy papan pelangi)
Namun saya tidak berkecil hati, keinginan terpendam itu terwakili oleh teman saya Rifqy yang sukses mendaki gunung setinggi 3.676 mdpl. Tertinggi di Pulau Jawa! Kamu pengin ke sini juga enggak?
ADVERTISEMENT
10. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung api yang sangat populer bagi para pecandu ketinggian di Jawa Tengah. Medannya yang menantang membuat sensasi mengibarkan Sang Merah Putih di timur matahari menjadi momen khidmat tersendiri. Ah, benderaku, berkibarlah selama-lamanya!
Puncak Gunung Sumbing (Dok: Rifqy papan pelangi)
Itu tadi 10 tempat seru untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan merayakan hari kemerdekaan kita. Tentu masih ada banyak tempat lain lagi yang enggak kalah seru, doakan semoga saya dikasih rezeki dan waktu untuk menuliskannya di kemudian hari, ya.
Negeri ini terlalu indah jika hanya disarikan menjadi 10 tempat saja, beribu-ribu tempat elok lainnya menanti untuk diulas.
Anyway, last but not least, dirgahayu negeriku! Saya bangga menjadi warga Indonesia dengan segala keragaman budaya dan kemajemukan rakyatnya. Saya juga sangat bangga akan keindahan alam Ibu Pertiwi yang selalu mengundang decak kagum. Sejauh apa pun saya berkelana, Indonesia adalah rumah bagi jiwa. Tanah air beta. Terimalah hormat saya. MERDEKA!
ADVERTISEMENT
Salam,
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86