Pencarian populer

7 Tempat Romantis di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Bareng Pasangan

Travelling; mau sendirian, beramai-ramai sama teman, atau berduaan aja sama pasangan itu memberikan pengalaman berbeda. Jujur, buat saya kadang yang bikin kangen suatu tempat itu adalah kenangannya. Gimana menghabiskan waktu eksplorasi di sana sama pasangan, sambil bersepeda, kulineran, atau sekadar leyeh-leyeh santai di pinggir danau.
ADVERTISEMENT
Tapi, liburan bareng pasangan itu bukannya tanpa drama, lho. Terkadang malah membuat kita belajar menjadi lebih sabar dan berkompromi. Sepanjang hampir 11 tahun pernikahan kami, tapi saat liburan ada aja berantemnya, namun begitu selesai liburan yang teringat cuma senangnya aja. Gimana romantisnya momen ngeliat matahari terbenam bareng, tertawa soal siapa yang dapat ekstra kerupuk babi atau sesederhana nikmatnya dipijat di pinggir pantai sambil saling mengoleskan tabir surya. Ribut-ributnya enggak ingat, lupa aja gitu. Hahaha.
Btw, menurut saya ada beberapa tempat di Indonesia yang romantis dan seru banget buat dikunjungi sama pasangan. Sebenarnya ada banyak, cuma sementara ini saya list tujuh tempat dulu, ya.
  1. Danau Toba, Sumatera Utara
Perjalanan menyeberangi Danau Toba dengan kapal Fery adalah salah satu hal romantis yang tak boleh dilewatkan. Saya ingat, semilir angin menerpa wajah dengan lembut sementara tangan kami saling bergandengan tangan. Sambil menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan mata, sesekali kami bertukar pandang dan juga senyum.
Danau Toba (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Udara di Danau Toba cukup sejuk, maklum saja danau yang terbentuk alami karena erupsi gunung berapi sekitar 70.000 tahun lampau ini letaknya di kaldera. Ada banyak penginapan mulai dari yang murah hingga cukup menguras kantong di Pulau Samosir ini. Cobain deh berenang di siang hari atau duduk manja sambil minum teh sama pasangan di pinggir Danau Toba. Duh, rasanya waktu seolah berhenti sejenak di sini.
ADVERTISEMENT
  1. Candi Prambanan, Yogyakarta
Mitosnya, Candi Prambanan dibangun oleh Bondowoso untuk memenuhi syarat dari Roro Jongrang yang meminta 1.000 candi untuk dapat menikahinya. Namun, misi itu tidak tercapai karena Roro Jongrang menggunakan tipu muslihat untuk menggagalkannya.
Romantisme Candi Prambanan (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Terlepas dari mitos yang berkembang adalah mereka yang masih pacaran terancam putus alias bernasib sama seperti Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang, percayalah menyusuri candi dengan relief-relief cantik di Candi Prambanan ini sesungguhnya memberikan sensasi berbeda. Berjalan kaki atau naik sepeda bersama pasangan mengelilingi kompleks Candi Hindu ini enggak kalah serunya.
  1. Pantai Gunung Payung, Bali
Apa yang lebih romantis dari duduk santai di pantai sambil ngobrolin masa depan sama pasangan? Pantai Gunung Payung yang ada di Bali ini lokasinya agak tersembunyi. Butuh sedikit usaha untuk mencapai pantai ini, turun dan naiknya lumayan, bok! Hehehe. Tapi jangan menyerah, justru karena tersembunyi, pantainya sepi dan asyik buat leyeh-leyeh. Tinggal gelar kain terus bisa jemur-jemur manja di pantai yang pasir putihnya lembut banget kayak pantat bayi. Hahaha.
Pantai Gunung Payung yag tersembunyi (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Kami menghabiskan waktu hampir seharian di sini, selain berenang sedikit dan berjemur juga jalan-jalan di bibir pantai. Psst, ternyata ada gua-gua teduh yang bisa dipakai untuk istirahat di bagian ujung pantainya. Seru!
ADVERTISEMENT
  1. Tegal Alang, Ubud, Bali
Sawah terasering (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Ada penelitian yang mengatakan bahwa melihat sesuatu yang hijau-hijau seperti hamparan sawah adalah terapi mata yang mumpuni untuk menyegarkan jiwa. Saya setuju dengan hal itu. Menikmati kearifan lokal masyarakat Bali dalam bercocok tanam dengan metode terasering sambil bergandengan tangan sama pasangan itu syahdu banget. Ditambah sambil menyesap kopi panas sesudahnya di tengah udara Ubud yang sejuk, ya Lord, rasanya nikmat banget.
  1. Danau Linow, Sulawesi Utara
Hampir senja di Danau Linau (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Salah satu danau cantik di Tomohon, sekitar satu jam perjalanan dari Manado ibu kota Sulawesi Utara. Warna Danau Linow bisa berubah-ubah mulai dari hijau toska, biru, hingga kuning kecokelatan karena kandungan belerangnya yang tinggi. Nikmati Danau Linow sambil duduk santai dan ngobrol.
ADVERTISEMENT
Tak lupa ngemil pisang goreng panas yang dicocol ke sambel ikan Roa. Beuh mantap! Kalau perlu balapan makan sama pasangan, balapan kepedasan maksudnya. Hahaha.
  1. Sunset di Labuan Bajo
Pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Entah sudah berapa kali saya ceritakan bahwa salah satu pemandangan matahari terbenam yang paling cantik yang pernah saya lihat itu di Labuan Bajo. Perlahan menyaksikan matahari terbenam dengan siluet perbukitan dan pepohonan di kejauhan itu magis. Warna jingganya yang pekat dengan semburat keemasan, warna hitam dari siluet di sekitarnya, dan suara kicau burung di kejauhan menambah momen magis itu.
  1. Raja Ampat
Salah satu cara menikmati gugusan kepulauan yang terpencil dan jauh dari peradaban itu ya sama pasangan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama-sama, mulai dari snorkeling melihat ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang menawan itu, berlayar di antara bukit-bukit karst hingga menikmati matahari terbenam di dermaga.
Gugusan perbukitan Karst di Raja Ampat (foto: dok. Eka Situmorang-Sir)
Sunyi, sepi, yang ada cuma kita dan pasangan serta cinta di antaranya. Keterbatasan sinyal jadi salah satu poin plus karena mau enggak mau fokus sama pasangan tanpa ngintip-ngintip sosial media. Hehehe.
ADVERTISEMENT
Itu dia tujuh tempat romantis versi saya, kalau versi kamu apa?
Salam,
Eka Situmorang-Sir
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.84