Pencarian populer
USER STORY
1 Mei 2019 23:02 WIB
2
0

Kekuatan Perempuan Menjadi Inspirasi Menuju Perubahan

Kumpul bersama teman kumparan

Namanya Keumalahayati, lebih dikenal dengan nama Malahayati, yang merupakan cucu dari pendiri Kesultanan Aceh Darussalam. Ada yang mengenalnya kah? Ia merupakan salah satu dari tujuh pahlawan wanita Indonesia versi Kumparan. Ada sesuatu hal yang unik dan menarik darinya yang bisa kita teladani, yakni meski Malahayati seorang putri kerajaan namun ia mau dan berlatih keras untuk mewujudkan cita-citanya, yakni menjadi panglima perang. Padahal, seorang putri sepertinya ia bisa saja duduk cantik di rumah menikmati makan makanan yang banyak, nikmat dan lezat, namun berbanding terbalik dengannya. Bahkan, berkat kegigihannya Malahayati kemudian menjadi panglima perang dan memimpin sekitar 2 ribu pasukan tentara perempuan Inong Balee (Janda para pahlawan yang gugur ketika melawan Belanda)

Yang tidak kalah menariknya, ia kemudian mendapat gelar Laksamana laut pertama di dunia berkat keberaniannya membunuh kapten Belanda Cornelis de Houtman saat duel di geladak kapal Belanda. Gelar tersebut tentu saja tidak ia dapatkan begitu saja, namun dengan perjuangan dan keberanian yang telah diasah ketika masih belia.

Itu merupakan salah satu bentuk keberanian seorang perempuan di zamannya, di zaman sekarang pun kita bisa melihat langsung keberanian perempuan yang salah satunya berani dalam mempertahankan laut Indonesia, Ibu Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Dan masih banyak perempuan pemberani lainnya

Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik

Dari beberapa perempuan yang dikenal dengan keberanian, kegigihannya tersebut, tentunya memiliki kekuatan yakni yakin dengan kemampuan sendiri. Kita kerap mendengar jika perempuan itu lemah, cengeng, manja dan lain sebagainya. Namun, di balik itu semua, ia miliki kekuatan yang tidak terduga. Bahkan, peran seorang perempuan akan semakin kuat ketika menjadi ibu rumah tangga. Bayangkan, dari pagi hingga ke pagi lagi banyak hal yang telah dilakukan untuk keluarga tanpa pamrih.

Sebuah fakta tentang kekuatan perempuan ialah dimana ia menjadi inspirasi perubahan bagi lingkungan kecil maupun besar, baik keluarga maupun bangsa. Dan, semua tanpa pamrih.

Kumpul bersama teman kumparan

Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Terkadang, sebagian diantara kita, entah itu seorang teman, saudara ataupun kita sendiri adakalanya merasa tersisihkan dengan keadaan. Namun, jika kita mau menggali potensi yang ada pada diri sendiri dan yakin dengan kemampuan diri, maka insyaa Allah bisa, seperti misalnya melakukan hal kecil yang manfaatnya berdampak besar, diantaranya:

  • 1. Kurangi pemakaian plastik berlebihan.

Sebagai ibu rumah tangga, kitalah sebagai penggerak di rumah tangga, seperti yang kita ketahui jika penyumbang terbanyak limbah plastik berasal dari rumah tangga. Jadi, yang dapat kita lakukan yakni membawa tas belanja dari rumah.

  • 2. Hadapi Rasa Takut.

Perlu diketahui, jika perasaan takut dapat menghalangi kita untuk menjalani hidup. Namun, jika kita berani menghadapi rasa takut tersebut, itu berarti kita telah memilih untuk mengubah hidup menjadi lebih baik. Seperti misalnya tidak takut untuk berbagi.

  • 3. Menjadi Diri Sendiri.

Tidak mesti menjadi orang lain jika ingin sukses, namun jadilah diri sendiri, tentunya dengan melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Sebab, setiap perempuan memiliki sisi uniknya tersendiri.

Tetaplah menjadi diri sendiri, mau berbagi dan kuat dalam menghadapi laju zaman.

#KartinianTemanKumparan

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60