kumparan
7 Nov 2017 10:49 WIB

kumparan, antara Ketidakpastian dan Jawaban

Sudah 4 hari saya menjalani training liputan ke lapangan dari kumparan. Selama 4 hari itu pula saya merasa selalu dihinggapi ketidakpastian. 
ADVERTISEMENT
Ketidakpastian itu biasanya datang di pagi hari, saat saya baru bangun tidur. Kadang ada perasaan deg-degan saat cek WAG yang berisi saya dan 4 orang calon reporter kumparan lainnya bersama 1 mentor kami, Kak Andari.
"Penugasan Selasa (7/11): cari angle dari Menolak Mengemis dan bikin story-nya," begitu tertulis pesan yang Kak Andari bagikan ke WAG kami pada pukul 23:41 malam tadi (yang kebetulan baru sempat saya cek pukul 03:00 dini hari tadi).
Saat mengecek mandat liputan untuk hari ini pada dini hari, saya berpikir keras bahkan saat sedang asyik berselimutkan bed cover hangat favorit saya. Mata saya coba memfokuskan tulisan di grup yang kami namai "Andari Squad" itu. 
"Liputan soal Menolak Mengemis? Apa yaaa?" pikir saya cukup lama sampai akhirnya teringat sebuah komunitas yang serupa yang cukup ramai di Facebook. Ingatan saya juga melayang jauh tentang nenek-nenek tua yang sering saya temui di Stasiun Tebet saban turun dari kereta menuju kantor lama.
ADVERTISEMENT
Setelah berkompromi dengan badan yang masih pegel karena liputan dan otak yang terus memikirkan apakah besok ada nenek-nenek tua di di Stasiun Tebet, saya lanjutkan tidur sambil menarik bedcover semakin panjang, menutupi seluruh tubuh.
Matahari terbit. Saya bangun dan menyiapkan diri, terutama tenaga dan kesadaran untuk liputan hari ini; menghadapi ketidakpastian itu. Dan kini, kereta saya tengah melaju menuju Stasiun Tebet. 
Akankah saya bertemu nenek-nenek itu? Ataukah justru ketidakpastian yang menyapa liputan hari ini?
Ah, bukankah hidup memang soal ketidakpastian yang jawabannya harus kita temukan? Pun dengan liputan 3 hari lalu, hari ini, dan hari-hari kami (para peserta ODP) ke depannya bersama kumparan.
Karena apa? Karena kumparan adalah jawaban dan semesta mengamininya selama kita berusaha. 
ADVERTISEMENT
Semangat semuanya!
*Tiba di Stasiun Tebet
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan