kumparan
7 Juni 2018 18:38

Quraish Shihab: Jangan Pilih Pemimpin yang Menggebu-gebu Ingin Kekuasaan

Dalam setahun ke depan, Republik Indonesia akan menggelar Pemilu kembali. Melalui proses tersebut akan dipilih pemimpin yang layak untuk mengarahkan nahkoda negara.
ADVERTISEMENT
Namun, tentunya, proses itu bisa sangat membingungkan, karena hampir semua calon mencitrakan dirinya adalah pemimpin yang baik.
Untuk itu, kita bisa kembali pada ajaran agama sebagai penuntun. Sebagaimana yang disebutkan oleh Quraish Shihab, berdasarkan pesan Nabi Muhammad SAW, sebaiknya kita jangan memilih calon pemimpin yang sangat menggebu-gebu dalam mencari kekuasaan.
Karena kata Nabi SAW, barang siapa yanh menggebu-gebu mencari kekuasaan, apalagi sampai memfitnah, mengadu domba, hingga melakukan cara yang tidak benar, maka mungkin saja dia akan berhasil. Namun, Allah tidak merestuinya dan membiarkannya berdiri sendiri.
Sedangkan, calon pemimpin untuk melakukan upaya untuk mencapai kepemimpinan dengan cara-cara yang tepat dan dibenarkan agama, maka Allah yang akan mendukungnya.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, dalam momen Pemilu mendatang, masyarakat sebaiknya lebih bijak dalam menilai calon pemimpin yang benar-benar memihak pada rakyat. Terlebih yang sudah ada buktinya dalam membangun bangsa.
Bukan mereka yang mengejar kekuasaan belaka hanya untuk diri dan golongan sendiri saja.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan