Kumplus Opini Ester 4.

Orang Bilang Saya Penyebar Pornografi dan Merusak Institusi

Content Writer aplikasi kesehatan dan penulis buku Maaf, Orgasme Bukan Hanya Urusan Kelamin (2022), bisa dikontak di @esterpandiangan.
4 Juli 2022 14:10
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kita tidak bisa mengatur persepsi orang tentang kita. Yang bisa kita lakukan adalah mengelola aksi terhadap suatu reaksi. Seperti misalnya, menahan untuk tidak bilang “anjing…” ke orang yang mengira saya cukup kasual untuk diajak ketemuan dan melakukan seks, hanya karena saya menulis tentang seks. Atau mengumpat “jancuk…” ke mereka-mereka yang suka mengentengin saya hanya karena saya terkesan polos dan terlampau ramah.
Sesuatu yang digeluti, ditekuni, dan disukai kerap menjadi stigma untuk orang yang melihat tanpa mau memaknai konteks. Itu yang saya rasakan setelah menulis seks. Saya beberapa kali mendapatkan pesan di Instagram yang merujuk kepada urusan kelamin. Mulai dari ajakan bertukar nomor, komentar tidak senonoh, dan lain-lain.
Yah, sebenarnya sebelum menulis seks, ketika saya masih menjadi perempuan baik-baik khas masyarakat, saya juga kerap mendapatkan perlakukan tidak menyenangkan sih. “Perempuan baik” seperti apa maksudnya, cuk? Yah gitu, nggak ngomongin seks, nggak merokok, nggak seks sebelum menikah.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814