Pentingnya Pengawasan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak

Saya adalah mahasiswa aktif dari aalah satu Universitas Islam Negeri di Purwokerto, dan seorang santri di salah satu Pondok Pesantren di Purwokerto
Konten dari Pengguna
15 Juni 2022 15:41
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari faiz Romli tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber: Foto sendiri, Purwokerto Banyumas
zoom-in-whitePerbesar
sumber: Foto sendiri, Purwokerto Banyumas
ADVERTISEMENT

Pengawasan orang tua terhadap anaknya sangat diperlukan untuk mendidik karakter anak

Orang tua adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam sebuah keluarga. Dalam mendidik karakter seorang anak peran keluarga sangat berpengaruh. Karena orang tua merupakan bagian terdekat dari seorang anak. Selama orang tua masih ada maka orang tua berhak mendampingi anaknya dalam proses perkembangan anak.
ADVERTISEMENT
Banyak hal-hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik karakter seorang anak. Sebagai contoh hal yang kadang terlihat sepele yaitu, seperti penggunaan gadget oleh anak usia dini. Penggunaan gadget sangat berpengaruh, apalagi pada anak usia dini. Karena anak pada usia dini seharusnya lebih banyak bermain dengan lingkungan sekitarnya dari pada bermain dengan sebuah gadget.
Pada saat ini banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anaknya yang masih usia dini. Pada awalnya orang tua memberikan gadget kepada anaknya sebagai pengalih perhatian. Tetapi semakin lama anak akan merasa penasaran terhadap fitur yang ada di dalamnya. Berawal dari sinilah seorang anak akan meninggalkan dunia bermain mereka dan lebih fokus terhadap gadgetnya. Selain itu juga akan melupakan lingkungan sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Penggunaan gadget yang berlebihan berdampak buruk terhadap karakter seorang anak. Anak akan cenderung menjadi individualis. Anak juga akan merasakan ketergantungan terhadap gadget, ketergantungan inilah yang membuat anak akan merasa tidak tenang apabila tidak bermain dengan gadgetnya. Semestinya anak yang masih usia dini harus lebih bermain dengan teman sebayanya, karena anak yang masih usia dini masih perlu mengenal lebih jauh terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.
Selain itu penggunaan gadget yang berlebih juga akan memengaruhi perkembangan otak pada anak. Karena dapat menghambat anak dalam mengekspresikan pikirannya. Dalam perkembangan seorang anak, orang tua seharusnya membantu anaknya dalam mengembangkan ekspresi pikiran anaknya. Orang tua harus merangsang anak dalam melakukan sesuatu yang kreatif guna mengembangkan ekspresi anak.
ADVERTISEMENT
Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas seorang anak. Karena anak pada usia dini memiliki banyak ide yang bervariasi dalam otaknya, untuk itu orang tua harus membantu anak dalam mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.
Untuk itu orang tua harus tetap mengawasi semua kegiatan yang dilakukan oleh anaknya, begitu juga dalam bergaul dengan lingkungannya. Sebaiknya orang tua memberikan lingkungan yang positif kepada anak dan menjauhkan lingkungan yang bersifat negatif. Karena lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap karakter seorang anak. Kehidupan sosial seorang anak sangat berpengaruh baginya, tetapi kehidupan sosial seorang anak juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi pada saat ini. Apabila anak terlalu sering menggunakan gadget, anak akan merasa asing terhadap lingkungan sekitarnya. Dan merasa asyik dengan gadgetnya dibanding dengan lingkungan sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Maka orang tua sangat penting dalam pengawasan seorang anak untuk mengembangkan karakter seorang anak agar lebih baik. Orang tua harus tetap mendampingi anaknya dalam menggunakan gadget. Agar seorang anak tidak terlalu ketergantungan dalam menggunakan sebuah gadget. Pada saat ini gadget memang sangat dibutuhkan, tetapi pengawasan dan bimbingan orang tua terhadap anak juga harus selalu dilakukan. Karena apabila orang tua tidak mendampingi anaknya dalam bermain gadget anak akan semakin penasaran dan akan membuka fitur baru yang ada di dalam gadgetnya. Bolehlah sesekali memberikan gadget kepada anaknya, tetapi sebaiknya gadget bukan dijadikan sebagai sarana utama dalam mengalihkan perhatian anak. Orang tua harus lebih memperkenalkan dunia luar kepada anak, agar seorang anak dapat belajar dan mengekspresikan kreatifitas seorang anak.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020