Buzz
·
21 Juli 2021 10:07
·
waktu baca 2 menit

Menulis sebagai Self Healing di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Faizuddin Ahmad
Menulis sebagai Self Healing di Masa Pandemi (61424)
searchPerbesar
Ilustrasi Menulis (sumber: www.pexels.com)
Pandemi COVID-19 menjadikan peristiwa traumatis bagi masyarakat Indonesia. Sejak pandemi COVID-19 menyerang Indonesia pada tanggal 2 maret 2020 sudah sekitar 2.950.058 orang positif, 2.323.666 orang sembuh dan 76.200 orang dinyatakan meninggal dunia. Hal ini menjadi luka mendalam bagi bangsa Indonesia. Pandemi juga melumpuhkan berbagai sektor kehidupan. Jumlah PHK tak terbendung, banyak orang dirumahkan tanpa pesangon. Para pekerja kantoran diberlakukan work from home dengan membatasi keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Perubahan aktivitas baru yang terjadi ditambah dengan kabar duka yang terus menerus terdengar justru dapat menyerang masalah psikologi seseorang. Masa pandemi yang seharusnya menjaga tubuh tetap sehat justru membuat masalah baru seperti kesehatan mental luput dari penanganan. Rasa jenuh, stress, depresi dan cemas akibat berminggu-minggu melakukan isolasi mandiri tanpa interaksi dengan orang lain mengakibatkan terganggunya masalah mental seseorang. Salah satu cara untuk menyembuhkan masalah psikologi selama pandemi yang saya lakukan adalah dengan menulis.
Manfaat Menulis
Sejak mulai diberlakukannya work from home pada tahun lalu, saya menghabiskan aktivitas harian dengan menulis disela mengerjakan tugas-tugas dari kantor. Ketika saya mulai jenuh dan dilanda stress biasanya saya mencurahkan semua pikiran saya di jurnal dairy. Semua keluh kesah yang saya rasakan, saya tuangkan dalam bentuk tulisan. Cara ini cukup efektif untuk mengekspresikan perasaan yang saya alami. Dengan begitu dapat meningkatkan suasana hati lebih baik dan menurunkan tingkat stress.
ADVERTISEMENT
Selain menulis di jurnal diary. Saya juga mencoba menuliskan isi pikiran saya di berbagai platform media seperti Kumparan. Dengan menulis di media platform dapat meningkatkan keterampilan saya dalam menulis karena mereka mempunyai pedoman dalam teknik penulisannya, sehingga kita harus mengikutinya. Menulis di media platform juga memberikan kesempatan kepada kita agar tulisan kita dibaca oleh banyak orang.
Menjaga Produktivitas Menulis
Menjaga konsistensi dalam menulis sulit bagi sebagian orang. Namun ketika kita sudah berkomitmen untuk menulis dan mempunyai tujuan untuk apa menulis akan membuat kita mau tak mau harus menulis. Dalam menjaga konsistensi menulis saya bergabung dengan ASN Menulis yang diprakarsai oleh ASN Nation. Dengan kita tergabung dengan circle yang mempunyai kesenangan sama akan memudahkan kita mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya ada teman ASN yang tulisannya sudah di muat di salah satu media. Kita akan terpacu untuk menulis agar bisa diterbitkan juga.
ADVERTISEMENT
Menjaga imun agar tetap sehat selama pandemi sangat lah penting bagi kita semua. Menjalankan olahraga yang cukup, makan makanan yang sehat menjadi hal wajib untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga. Namun, menulis merupakan cara efektif lain untuk menjaga jiwa kita untuk selalu berpikir positif dan mengurangi kadar stres. Stay safe...