kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Oktober 2019 22:18

2 Hal yang Bikin MacOS Catalina Mengecewakan

Perangkat komputer Apple MacOS
Perangkat komputer Apple MacOS. Foto: Tranmautritam via Pexels
MacOS Catalina resmi dirilis ke pasaran. Hasilnya saya kecewa!
ADVERTISEMENT
Kemarin sebuah notifikasi muncul pada Mac Book Air saya. Dengan iPad OS 13 yang selalu saya andalkan di kantor, boleh dong saya berharap lebih pada update Mac terbaru nanti.
Jujur saya sangat berharap pada fitur sidecar yang bakal hadir di MacOS Catalina. Dengan fitur baru ini saya tidak butuh extra cost untuk membeli https://www.duetdisplay.com.
Screen Shot 2019-10-14 at 19.16.24.png
Namun apa daya. Ternyata setelah dijajal fitur sidecar hanya muncul untuk iPad seri terbaru saja. Berikut list lengkapnya.
  • Late 2015 27" iMac or newer.
  • 2017 iMac Pro.
  • Mid 2016 MacBook Pro or newer.
  • Late 2018 Mac mini or newer.
  • Late 2018 MacBook Air or newer.
  • Early 2016 MacBook or newer.
  • 2019 Mac Pro.
Selain list di atas kita pun harus wajib memiliki seri iPad minimal seri 5, 6, atau iPad Pro. Pantas saja ketika saya coba di iPad Air fitur tersebut tidak bekerja. Artinya saya harus beli duet display lagi dong.
ADVERTISEMENT
Okelah kalau urusan sidecar mungkin tidak perlu dibesar-besarkan. Toh, sebenarnya saya enggak butuh-butuh amat ngebet pengin cari 'pengganti Wacom' tersebut.
Ada satu lagi yang bikin saya kecewa.
OS Catalina menghilangkan fungsi dashboard Mac. Oh Lord, why?Buat saya dashboard sudah menjadi bagian dari kehidupan digital di Mac. Tahukan dashboard itu apa? Cek gambar di bawah ini.
Screen Shot 2019-10-14 at 22.10.09.png
Mac OS Dashboard
Resmi diperkenalkan sebagai fitur baru di MacOS, dashboard pertama kali muncul 14 tahun lalu pada Mac OS X 10.4 Tiger tahun 2005. Dashboard pun mendapat versi update paling baru pada 2011 dengan Mac OS X 10.7 Lion.
Lebih dari satu dekade dashboard telah menjadi icon Mac OS X. Ada banyak fitur widget yang bisa kita tempel: jam, stock price, kalkulator, cuaca, dsb.
ADVERTISEMENT
Saya sendiri tidak mengerti kenapa Apple malah menghilangkan fitur yang menurut saya esensial ini. Ada yang tahu? Yuk diskusi di kolom komentar.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan