Kumplus- Investasi Emas Ferdi Darmawan
20 Juli 2021 20:20
·
waktu baca 4 menit

Strategi Jitu Investasi Emas

Banyak yang berpikir bahwa harga emas selalu naik. Padahal, sama seperti instrumen investasi lainnya, harga emas juga bersifat fluktuatif—terutama dalam jangka pendek. Bahkan, harga emas sempat turun tajam di periode 2011-2015 hingga +/- 45%, dari yang awalnya 1.900 USD/ons menjadi 1.000 USD/ons.
Menariknya, di waktu yang sama, harga emas di Indonesia malah cenderung stagnan dan turunnya tidak terlalu tajam. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa masyarakat Indonesia mengira bahwa harga emas selalu naik.
Perlu Anda ketahui, harga emas di Indonesia dipengaruhi dua faktor: harga emas dunia, dan kurs USD terhadap rupiah. Di tahun 2011-2015, mata uang USD menguat sekitar 60% terhadap rupiah. Inilah yang menyebabkan harga emas di Indonesia, dalam satuan rupiah, selalu mengalami kenaikan.
Keuntungan berlangganan kumparan+
  • Ratusan konten premium dari pakar dan kreator terbaik Indonesia
  • Bahasan mendalam dengan kemasan memikat
  • Pengetahuan, hiburan, dan panduan yang solutif untuk hidupmu
Konten Premium kumparan+
Investasi emas memang tak ada matinya. Seiring perkembangan teknologi, metodenya pun semakin beragam. Apa sih cara investasi emas yang cocok denganmu? Bagaimana tips dan triknya agar cuan? Simak selengkapnya pada daftar konten.