Entertainment
·
17 Oktober 2020 15:38

ASN Jadi Podcaster?

Konten ini diproduksi oleh Silvia Fibrianti
ASN Jadi Podcaster?  (22238)
sumber foto unsplash.com
ASN dengan segala kesibukannya, melakukan tugas negara, memikirkan kebijakan untuk bangsa dan negara, dan segudang pekerjaan rumah untuk negara yang diamanahkan kepada ASN. Di lain sisi, ASN sebagai individu juga pasti memiliki hobi, ada yang hobi olahraga, menulis, main game, memasak, fotografi, mengobrol.
ADVERTISEMENT
Sangat menyenangkan apabila hobi bisa juga bermanfaat untuk orang lain, kita ambil contoh mengobrol. Hobi mengobrol apabila disalurkan menjadi sesuatu bermanfaat dan positif akan memberikan banyak manfaat bagi orang lain, misalnya mengobrol di podcast.

Podcast seperti dikutip dari situs web apple.com adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. Podcast adalah sebuah cara untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Bagi penerbit podcast, podcast adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar.

ASN dan podcast bisa menjadi perpaduan yang apik apabila obrolan yang disajikan oleh ASN merupakan informasi yang positif dan bermanfaat. Terutama apabila pemilihan topiknya bisa menambah pengetahuan dan informasi bagi masyarakat luas. Podcast bagi ASN juga bisa menjadi salah satu sarana untuk memberikan masukan bagi kemajuan instansi atau Indonesia. Dengan mengobrol di podcast dan didengar banyak kalangan, bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menyuarakan pendapat dengan cara yang baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Membuat podcast sangatlah mudah. Berdasarkan pengalaman pribadi yang juga masih “newbie” di dunia “per-podcast-an”. Untuk pemula hanya dengan perangkat handphone yang kita punya, kemudian unduh salah satu platform pembuat podcast, misalnya Anchor.fm.
ASN Jadi Podcaster?  (22239)
sumber foto yooreka.id
Setelah mengunduh platform pembuat podcast, tentu saja tentukan nama podcastmu, genre podcast, dan logo podcast. Podcast dari segi format konten bisa dalam bentuk monolog atau coversational. Ikuti langkah demi langkah dalam platform tersebut. Setelah proses penyetelan selesai, tentukan tema apa yang akan dibuat untuk episode perdana, buat semacam skrip dalam bentuk poin garis besar untuk alur percakapan agar obrolan tidak melebar dan keluar dari topik yang ditentukan.
Pilih record apabila sudah menentukan topik apa yang akan disajikan. Di dalam platform Anchor.fm, kamu bisa langsung mengundang teman untuk bergabung dalam recording podcast melalui fitur invite to join, apabila ingin melakukan recording tanpa tatap muka. Untuk recording melalui Anchor.fm melalui fitur invite to join dibatasi maksimal 5 orang dengan durasi 2 jam lamanya. Fitur invite to join ini nantinya terdapat tautan yang bisa dibagikan untuk mengundang teman yang akan kita ajak. Pada saat recording pastikan tidak ada gangguan suara dari luar dan sinyal dalam kondisi stabil, karena apabila menggunakan fitur apabila sinyal tidak stabil, percakapan yang keluar akan mengalami delay.
ADVERTISEMENT
Selama recording gunakan skrip yang sudah dibuat sebagai acuan, batasi waktu setiap pertanyaan atau poin yang akan dibahas. Posisikan headset atau microphone jangan terlalu dekat dengan mulut agar suara nafas tidak mengganggu. Batasi durasi rekaman, berdasarkan pengalaman, durasi podcast ideal yang tidak membuat pendengarnya jenuh maksimal adalah 30 menit. Pada saat recording jangan biarkan ada jeda terlalu lama kosong, usahakan agar percakapan tetap terisi.
Setelah selesai recording, kita masuk ke tahap editing. Di dalam platform Anhor.fm sudah disediakan background music, interlude, sound effect gratis untuk melengkapi recording podcast. Background music, interlude, sound effect juga bisa ditambahkan melalui fitur import. Untuk yang sudah berpengalaman bisa menambahkan bumper semacam jingle pembuka dan penutup sebagai ciri khas. Recording yang sudah selesai akan masuk ke library.
ADVERTISEMENT
Hasil recording di library bisa dimasukan menjadi segmen untuk episode yang akan dibuat. Setiap recording bisa dilakukan editing, bisa ditambahkan background music, bisa dipotong bagian yang tidak akan digunakan, bisa juga dibuat potongan untuk disisipkan sound effect atau interlude. Segmen yang ada bisa disesuaikan urutannya sesuai dengan kebutuhan. Eksplor daya kreatifitas untuk mengedit hasil recording.
Apabila editing sudah selesai, pilih fitur publish, maka episode yang dibuat akan terpublish secara otomatis. Anchor.fm juga merupakan platform yang dapat mendistribusikan podcast ke dalam berbagai platform, yaitu Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, Overcast, Radio Public, Breaker, Pocket Casts, Castbox.fm. Proses pendistribusian akan berjalan secara otomatis, hanya saja tidak semua platform akan bersamaan mendapat pembaharuan secara langsung dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding platform yang lain.
ASN Jadi Podcaster?  (22240)
sumber foto spotify.com
Nah, setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan ASN bisa lebih berkreasi dan ikut meramaikan dunia podcaster. Saat ini Penulis dan rekan sudah memiliki Podcast yang diberi nama Angkatan2015 Sayang NKRI (ASN) yang sudah mulai episode pertamanya di awal september.
ASN Jadi Podcaster?  (22241)
sumber foto koleksi pribadi
Untuk yang ingin berkunjung dan mendengarkan episode-episode kami bisa ke tautan berikut Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, Anchor.fm, Overcast, dan Kaskus Podcast.
ADVERTISEMENT