Pencarian populer

5 Kuliner yang Wajib Kamu Coba saat Berkunjung ke Semarang

Hello para pecinta #kulinerkumparan sekalian! Welcome back to The Hungry Doctor. Kali ini, aku mau share tempat-tempat makan seru di Kota Semarang! Yes, karena dulu pernah bertugas di Semarang selama 6 bulan, ya aku cukup banyak explore tempat di Semarang dan punya komparasi yang cukup luas.

Personally, aku sangat menyukai cita rasa makanan di Semarang yang rasanya komplit, mulai dari gurih, manis hingga pedas. Kalo kalian tidak punya banyak waktu saat pergi ke Semarang, setidaknya 5 kuliner ini wajib hukumnya buat dicicipi, apa aja tuh?

1. Lumpia Gang Lombok

The one and only Lunpia Semarang Gg. Lombok

Lumpia or Lunpia merupakan salah satu makanan khas Semarang, tetapi dari sekian banyak penjual lunpia yang sangat mudah ditemui di kota ini, hanya satu tempat yang saya rekomendasikan, yaitu Lunpia Semarang Gang Lombok.

Rasa lunpia yang satu ini sudah melegenda sekali ya, letaknya sudah pasti di Gang Lombok, kalau bingung untuk mencari tempat ini tinggal tanya para warga Semarang, dijamin mereka semua tahu tempat makan yang satu ini.

proses pembuatan Lunpia Gang Lombok

Antrean panjang selalu terlihat di kedai sederhana ini, mereka buka pukul 9.00-17.00, tetapi saya sarankan agar datang ke sini saat pagi hari, karena antrean belum terlalu panjang. Kalau sudah menjelang sore, hmmm antrean semakin panjang dan ada kemungkinan bisa kehabisan juga.

When it's fried, I just can't hold my appetite

Setiap lunpia di sini semuanya fresh ya, benar-benar baru dibikin, kita bisa melihat tumisan isiannya yang aromanya bener-bener menggoda. Setelah isian ini jadi, akan segera digulung dengan kulit lunpia dan bisa segera langsung kita nikmati yang nantinya kita sebut sebagai lunpia basah dan kalau digoreng menjadi lunpia goreng, semuanya sama enaknya, tergantung selera kita.

Lunpia Basah
Lunpia Goreng

Saya pribadi lebih suka yang goreng karena ada sensasi renyah, dimakannya ini dengan saus kental manis dari sagu yang dipadu dengan bawang putih, kemudian ada acar mentimun dan juga ada daun bawang muda serta cabai rawit kalau suka pedas hehe.

Oh iya, bisa juga mencoba menikmati lumpia ini dengan menggunakan saus sambal dan juga mayonaise, rasakan sensasinya !

2. Asem-Asem Koh Liem

The Legend is back!

Setelah menikmati 1-2 buah lunpia Semarang di pagi hari tak ada salahnya mengisi perut dengan sesuatu yang lebih berat, mari kita menuju ke salah satu tempat makan legendaris di Kota Semarang, yaitu Asem-Asem Koh Liem. Warung makan ini sudah buka kurang lebih 31 tahun oleh Koh Liem, dan beliau juga yang setia memasak asem-asem di sini.

Sebenernya apa sih itu asem-asem?

Asem-Asem Sapi

Secara umum makanan ini mirip dengan garang asem, sama-sama menggunakan belimbing wuluh, sama-sama memiliki rasa yang asam. Bedanya, asem-asem Koh Liem menggunakan daging sapi pilihan yang dimasak kurang lebih 5 jam sehingga empuk.

Di sini juga tidak menggunakan santan, jadi rasa gurihnya didapat dari kaldu, rasanya benar-benar segar, terutama rasa asam dari tomat dan juga belimbing wuluh yang dipadu dengan cabai memberikan sensasi rasa yang menyegarkan. Dijamin bisa bikin "melek"!

3. Lekker Paimo

Better come early or you will have wait for a long time

Masih di daerah SMA Loyola, kali ini persis di depannya. Tahu Kue Lekker? Yang pernah SD pasti tahu jajanan yang satu ini. Yaps, waktu zaman SD sih saya sering banget nih beli jajanan yang satu ini, soalnya kan enak ya, manis-manis renyah gitu.

Nah, saya juga yakin kalau kalian semua pernahnya makan Kue Lekker dengan isian coklat, pernah terbayangkan kreasi Lekker dengan isian pisang sampai sosis dan tuna? Inilah dia Pak Paimo yang membuat Lekker menjadi hidangan yang begitu spesial.

Khas Lekker!
Lekker Sosis Mozzarella
Look at that CHEESE!

Mulai buka pukul 11 siang, sebelum benar-benar buka, sudah banyak orang yang menunggu untuk bisa menikmati Kue Lekker yang satu ini, dan Pak Paimo sendiri yang selalu andil dalam menyiapkan Lekker untuk para pelanggan.

Bahan yang digunakan adalah bahan-bahan berkualitas sehingga memberikan rasa yang nikmat sekali, buat yang suka manis bisa mencoba coklat, kacang ataupun keju manis beserta karamel ataupun pisang. Sementara buat yang ingin lebih tasty bisa mencoba telur jagung manis dan juga sosis mozarella yang sangat saya sukai. Keju mozarella yang melted dipadu dengan sosis yang melimpah dengan kue Lekker yang rasanya manis khas, mantap!

4. Tahu Pong Semarang Gajah Mada

One of the oldest Tahu Pong

Ke Semarang belum makan tahu pong rasanya enggak afdol banget, soalnya tahu pong memang salah satu makanan khas Semarang yang pastinya akan mudah kita temui di sudut kota ini. Tapi salah satu yang paling terkenal dan laris adalah Tahu Pong Semarang Gajah Mada yang tentunya ada di Jalan Gajah Mada, tetapi untuk ke sini kalau bisa sebelum sore, karena mereka tak buka sampai malam.

Tahu Pong Komplit

Makanan spesial di sini ada tahu pong, kali ini saya memesan tahu pong komplit yang isinya adalah tahu pong, emplek (tahu goreng basah), gimbal udang, dan juga telur. Tahu pong ini spesialnya garing di luar dan di dalamnya "kopong". Sedangkan emplek ini teksturnya padat, sementara gimbal udang terasa sangat spesial di sini, dan telur menjadi pelengkapnya.

Uniknya, semua komponen ini tidak dibumbui sehingga rasanya tawar dan di sinilah saus kecap berperan. Sausnya ini dibuat dari campuran kecap manis, petis udang, bawang merah, dan bawang putih. Makannya dicocol ke saus ini sehingga mantap rasanya, kalau suka pedas bisa menambahkan cabai rawit yang sudah diuleg dan juga dimakan bersamaan dengan acar yang manis.

5. Nasi Goreng Babat Depok

Street Food Never Goes Wrong!

Nasi Goreng Babat merupakan makanan khas Semarang. Selain nasi goreng babat ada juga babat gongso yang khas Semarang. Nah, di Semarang ini ada yang namanya Jalan Depok di mana di sepanjang jalan ini pada malam hari akan banyak sekali warung tenda yang menyajikan makanan yang enak.

Salah satu yang terkenal adalah Nasi Goreng Babat Depok yang sudah buka dari tahun 1950 dan sekarang sudah memasuki generasi ketiga. Benar-benar resep turun-temurun.

Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng di sini menggunakan babat yang sudah dicuci bersih dan dijamin empuk tanpa menimbulkan aroma jeroan yang kurang sedap, Saat dimasak, saya bisa mencium aroma bumbunya yang begitu mantap, bawang putih, bawang merah dan cabe yang kuat membuat rasa nasi goreng ini begitu kaya.

Isinya tentu saja babat sapi yang empuk, nasi goreng ini memang sangat tasty, dinikmati dengan acar mentimun, menjadi semakin enak!

Itulah tadi 5 tempat makan wajib di Semarang versi The Hungry Doctor! Sebenarnya masih banyak banget makanan rekomendasi di Semarang, nanti akan diulas di episode #THDFoodJourney berikutnya, ya! Kira-kira menurut kalian kota mana nih yang perlu di ulas? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

Stay Hungry, Stay Healthy!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23