kumparan

Matcha Toast Mahal vs Murah, Mana Lebih Enak?

Matcha. Mendengar kata tersebut, pasti yang terlintas di benak kalian adalah dessert. Bener enggak? Well, karena memang nyatanya dessert matcha masih saja populer di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Hidangan yang berasal dari Jepang ini berhasil mencuri perhatian para penikmat kuliner di Indonesia, meski awalnya matcha dirasa sedikit tidak pas untuk lidah orang Indonesia.
Namun seiring berjalannya waktu, matcha ini sudah dibuat agar lebih mudah diterima di lidah kita. Nah, di artikel 'mahal vs murah' kali ini, saya akan mengangkat tema matcha.
Siapa yang senang dengan dessert? Mungkin cara tersering menyajikan matcha dalam bentuk dessert adalah dengan es krim, meski tak jarang juga pudding, waffle, pancake, hingga beragam hidangan disajikan bersamaan dengan matcha.
Well, kali ini saya memilih varian dessert yang agak berat namun cocok sekali untuk jadi teman bersantai bersama teman-teman yakni roti bakar. Nah, tapi roti bakar di sini disajikan dengan matcha, lho. Penasaran? Langsung simak aja yuk.
ADVERTISEMENT
1. Fat Straw
Tempat pertama ini basic-nya bukanlah sebuah matcha dessert house, konsep utamanya adalah bubble drink tapi tak banyak orang tahu kalau mereka juga punya dessert yang seru, salah satunya adalah matcha toast mereka yang memang menjadi favorit saya! Fat Straw ini tidak sebanyak Chatime atau KOI untuk produk bubble tea-nya, tapi saya suka bubble mereka yang lebih lembut.
Fat Straw ini lokasinya di Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk, jadi buat yang tinggal di daerah Jakarta Utara bisa langsung mampir nih, tempatnya pun ditata dengan nyaman, jadi asyik banget buat nongkrong, dan langsung aja inilah dia wujud dari matcha toast mereka yang dibandrol dengan harga IDR 42.000.
Roti yang mereka gunakan itu beda banget sama roti bakar di tempat lain, karena ukurannya tebal dan teskturnya itu bener-bener lembut, karena di luarnya renyah. Dengan aroma butter dan di dalamnya lembut banget apalagi mereka juga menambahkan madu. Jadi, ada aroma yang luar biasa ketika madu bertemu dengan butter.
ADVERTISEMENT
Komponen selanjutnya adalah cream matcha, krimnya ini dibuat tidak terlalu manis dan cenderung strong untuk rasa matcha-nya dan terakhir diberi satu scoop matcha ice cream yang rasanya juga pas, tidak terlalu manis, sehingga saat menyantapnya tidak enek.
Menikmati matcha toast ini terasa semakin nikmat ketika ice cream-nya sudah sedikit mencair hingga meresap ke dalam toast-nya, so rasanya menyatu banget dan jadi lebih kaya matcha di setiap gigitan dan di luarnya masih crispy.
Enak banget pokoknya! Karena saya tidak terlalu suka makanan manis, makanya menurut saya ini cukup pas di lidah. Tapi, kembali lagi ke selera masing-masing.
2. Roti Bakar 88
Jika ada tempat makan yang mahal, sekarang kita menuju ke tempat yang lebih murah dengan hidangan yang sama juga, yaitu Matcha Toast. Saya memang cukup suka nongkrong di tempat ropang alias tempat roti bakar dan salah satu tempat favorit saya adalah Roti Bakar 88 yang outlet-nya cukup banyak nih.
Layaknya tempat roti bakar, menu yang disajikan pun beragam, mulai dari Indomie, roti bakar, pisang bakar hingga kue cubit juga ada loh di sini. Jadi, memang cukup banyak ya pilihannya, namun dari semua itu saya memesan roti bakar matcha. Wah, di tempat kayak gini ada roti bakar matcha?
ADVERTISEMENT
Saat disajikan, ternyata satu porsi roti bakar ini porsinya cukup besar lengkap dengan parutan keju dan juga oreo sebagai topping dan pastinya es krim matcha dan harganya cuma Rp 16.000 loh.
Ternyata dengan harga yang terbilang murah rasanya tidak kalah loh dengan yang ada di kafe, roti yang digunakan memang tidak setebal roti di kafe. Namun tekstur yang ditawarkan tetap asyik, dengan aroma mentega yang kuat dan roti yang lembut, perpaduan antara keju, oreo dengan es krim matcha memberi dimensi rasa yang cukup luas.
Rasa es krim matcha-nya memang terasa cukup manis berbeda dengan di tempat sebelumnya yang tampil dengan cita rasa dengan ada sentuhan pahitnya, di sini cenderung lebih manis namun tetap nikmat.
Selain roti bakar matcha, kalian juga bisa memesan iced matcha latte yang menyegarkan sebagai teman menikmati sajian manis ini. Jika masih kurang puas, mereka juga ada kue cubit green tea loh. Seru banget kan? Bisa menikmati matcha dessert dengan tidak menguras kantong.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui juga, ternyata matcha memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama sebagai asupan antioksidan. Ya, antioksidan ini berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh kita.
Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan sel. Antioksidan pada matcha ini dikenal sebagai catechins, zat inilah yang mencegah radikal bebas.
Selain sebagai asupan antioksidan, ternyata matcha juga bisa mencegah penyakit jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu karena matcha mengandung asam amino yang disebut L-theanine, maka hal ini dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh, karena asam amino tersebut meningkatkan gelombang alpha pada otak.
Gelombang alpha ini membantu anda untuk mendapatkan ketenangan. Tapi ketika matcha ini sudah diolah menjadi dessert, tetap perhatikan kadar gulanya ya teman-teman. Stay hungry, stay healthy!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan