Pencarian populer

Menikmati Sensasi Wisata Kuliner di Pekan Raya Jakarta

Ayo kita ke Jakarta Fair!

Siapa sih yang enggak tahu event tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) alias Jakarta Fair?

Pasar Malam sebenarnya sudah jadi salah satu culture yang tumbuh di masyarakat Indonesia, termasuk di ibu kota. Jadi ya enggak heran, kalau Pekan Raya Jakarta selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya, baik oleh orang Jakarta dan bahkan orang luar Jakarta!

Bayangkan saja, salah satu pasar malam terbesar yang pernah ada! Belum resmi jadi 'anak Jakarta' kalau kalian belum pernah ke Jakarta Fair, deh! Puncak acaranya adalah di Hari Ulang Tahun Jakarta, yang kurang dari 1 minggu lagi sejak artikel ini di-publish.

The crowd.
Food is everywhere!
Let's explore!

Kalau datang ke PRJ, kalian tentunya harus mencoba ragam kuliner yang tersedia! Di artikel ini, aku mau spesifik menceritakan pengalaman kulinerku di Pekan Raya Jakarta. Pas masuk ke area PRJ, kalian pasti bakal bingung deh, karena area makannya tersebar luas dan pilihan makanannya luar biasa beragam.

Semoga artikel ini bisa jadi panduan kalian mau makan di mana nih kalau ke PRJ!

1. Kerak Telor

MUST TRY!

Begitu masuk PRJ lewat pintu 6, kalian akan langsung disambut oleh deretan tukang kerak telor! Jangan sampai deh ke PRJ tanpa mencicipi makanan khas Jakarta ini, terlebih ini salah satu khasnya PRJ!

Dari sekian banyaknya penjual kerak telor, pilihanku hari ini jatuh pada Bang Ali, yang biasa berjualan di Kebon Binatang Ragunan. Hmm... sebenarnya sih kurang lebih sama, tapi sedikit tips dari aku, carilah kedai kerak telor yang bawang gorengnya kering dan warna ebinya agak sedikit kecoklatan, biasanya rasanya lebih nikmat.

Base of Kerak Telor
YUMMEH!
Kerak Telor at it's best!

Kalau pesan kerak telor sih lebih enak pakai telur bebek, karena lebih wangi dan rasanya lebih gurih! Di sini, kalian bisa minta pedes, nanti akan ditambah cabe rawit. Makanan satu ini rasanya memang khas banget sih.

Seporsi kerak telor di PRJ dipatok Rp 30 ribu dan hampir sama di semua penjual. Rasanya? Enggak perlu ditanya lagi, enak banget! Serundeng kelapanya menambah kesan gurih dan bawang gorengnya itu omagah so good. Wajib coba kalau ke PRJ!

2. Picazzo

Wajib juga!

The legend of Jakarta Fair is here! Sejak aku kecil, kalau ke PRJ pasti mampir ke tempat satu ini, jualannya itu burger, hotdog, dan sosis. Been here since.. enggak tahu kapan, tapi yang jelas ini sudah lama banget, deh.

Menunya simpel banget dan kalian bisa dapetin harga paket spesial kalau nunjukkin potongan karcis kalian. Aku sih selalu pilih burger, rasanya klasik banget deh. Rotinya lumayan empuk, ada wijen di atas rotinya, terus isinya itu bukan beef patty, melainkan kayak ham gitu. Spesialnya lagi, kalian bisa tambahin saus pedas spesial mereka.

Burger!
Apapun makanannya, minumnya...

Satu paket burger plus Teh Botol Sosro harganya Rp 15.000! Lumayan banget, kan? Segar sih, habis makan burger pedas atau sosis gorengnya, langsung tenggak teh botol dingin. Oh iya, Picazzo ini benar-benar tersebar banyak banget di seluruh area PRJ, so make sure you give it a try!

3. MMM Warkop

Choco Tower IDR 50K

Next stop, terdengar aneh? Warkop di PRJ? Haha... tapi yang satu ini beda banget. No plan sih aku ke tempat ini, cuma ada satu menu yang menarik banget, yaitu Choco Beng-Beng Tower!

Kalau kalian tahu sering ada yang jual Beer Tower gitu, nah ini versi Beng-Beng! Sumpah sih, minum Es Coklat siang-siang pasti dahsyat banget sensasinya. Sejujurnya, ini pertama kali aku minum minuman Beng-Beng, rasa cokelatnya enggak artificial, dan ternyata rasanya enak, yah!

3 liter Es Coklat Beng-Beng ini bisa disajikan untuk 5 orang. 1 tower ini harganya Rp 50.ooo, oke lah, ya?

Brrrrrrrr
Thick and Bold
Refill terus udah deh haha

Selain Choco Tower super menarik itu, mereka juga jual es kepal Beng-Beng yang seru! Eh iya, buat kalian yang enggak mau pesan cokelat, bisa juga pilih jus jambu yang enggak kalah segar, lho.

Di tempat ini, kalian juga bisa menemukan berbagai makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, dan beragam cemilan. Tempatnya juga lumayan cozy. Jadi ya, kalau kalian pengin makan sambil duduk santai, ini bisa jadi pilihan ya, range harganya juga masih oke banget.

4. Expo Resto

Bakso by Expo Resto

Pihak JiExpo membuka banyak tenant kuliner. Di area JiExpo sendiri ada tempat makan yang cukup fine nih, menunya beragam banget, mulai dari nasi rames, soto, hingga dessert khas Indonesia kayak kolak bahkan es krim juga ada!

Terus di sisi lain, mereka juga yang jual nasi hainam dengan ayam panggang, ayam geprek, ayam bakar, gorengan, dan lain-lain! Banyak banget! Tapi, pilihan aku kali ini jatuh pada… BAKSO! Enggak ada sih yang lebih asik daripada makan bakso malam-malam gitu kan.

Hot and Steamy Soup
Bakso Sapi Asli
Tahunya juga enak!
Da Best!

Sebenarnya, secara porsian, ini lumayan mahal juga, sih. 1 porsi harganya Rp 20.000 berisi 4 pieces bakso, yang kita bisa mix juga dengan tahu, siomay, dan pangsit goreng. Tapi ternyata, harganya sebanding banget sama rasanya!

Kuahnya ini enak, gurih banget, berasa kaldu sapinya. Baksonya juga kenyal banget dan kerasa dagingnya, siomaynya ini juga enggak sekadar sagu, padat! Tahunya juga ada isi dagingnya! Overall, puas sih, apalagi sambelnya juga joss! Pokoknya kalau mau cari bakso enak, cari Expo Resto ya!

5. Caffino

CAFFINO

Siapa suka gratisan? Haha... semua pasti suka! Nah, ini dia keunggulan PRJ. Kalian bisa banyak nemuin promo, mulai dari diskon sampai gratisan!

Salah satu yang dengan sukarela kasih gratisan tanpa syarat adalah Caffino! Ini adalah salah satu brand kopi terbaru yang katanya dibuat dari kopi dan susu asli! Mereka ada kopi susu, mocca, dan hazelnut! Cara dapat kopi ini secara gratis adalah dengan menukarkan kupon di tiket masuk kalian. Simpel, kan?

Kopi & Susu Asli
Gratisan mayan~
A good cup of coffee

Rasanya menurutku lumayan enak, sih! Berasa gitu kopinya, meski masih terlalu manis sih buat aku. Apalagi yang hazelnut, rasa kopinya kurang terasa, tapi aromanya lumayan enak, sih.

Sayangnya, Caffino ini tersedianya yang hot kalo yang gratis, haha, secara di PRJ panas kan ya, lebih suka minum yang dingin, nih! Terus ya, di Caffino ini juga banyak spot foto OOTD, bisalah buat update Insta Story.

6. Pasar Malam Festival

Sosis Bakar!

Catat nih! Pasar Malam Festival mungkin salah satu spot yang terbaik buat makan di PRJ. Karena secara tenant, Pasar Malam Festival lebih beragam dan banyak yang menarik gitu. Banyak menu yang anti-mainstream, makanannya pun worldwide banget, mulai dari makanan Indonesia, Jepang, Korea, Chinese, hingga Western juga ada, lho!

Jadi, kalian bisa lebih explore di sini, ada beberapa tempat makan seru nih, kayak misalkan Nasi Goreng Padang! Kalau nasi goreng kan biasa tuh, ini dimasak pakai rempah padang, sehingga lebih gurih, pedes, wangi karena pakai minyak samin. Mantap sih.

Sate Kambing
Nasi Goreng Padang
Cumi Oseng Pedas!
Fresh & Spicy
Lebih nikmat dengan nasi!

Kalau kalian suka seafood dan menu pedas, kalian bisa banget mampir ke Dapur Cik Kepo! Karena di sini mereka jual Cumi Oseng Pedas gitu, menarik banget kan? Cuminya besar, seger dengan cabe yang nendang banget. Buat yang suka pete, bisa tambah extra pete tuh, lebih wangi biasanya!

Ini super recommended sih, harganya juga oke banget Rp 55.000 sudah include nasi putih! Kalau mau yang cemil-cemil saja bisa pesen sosis bakar yang lumayan ramao! Seru deh di sini.

7. Tok-Poki

Salah satu tenant yang menarik!

Tenant satu ini menarik banget, karena jarang liat nih ada di supermarket dan ternyata memang produk baru, berupa topokki instant. Street snack khas Korea ini memang punya daya tarik sendiri, apalagi buat kalian yang hobi nonton drama Korea, pasti ada tuh scene-scene di mana si artis Korea makan topokki di jalan kan?

Makanya, Tok-Poki ini juga lumayan diantre, lho! Sebenarnya kalian bisa pilih mau pesan topokki saja atau dicampur dengan ramen menjadi rapokki!

Freshly made
Topokki (IDR 30K)

Desain tempatnya juga cukup menarik nih dan harga satu kemasannya itu Rp 30.000, harganya juga sama mau kalian bawa mentahnya, atau makan langsung di tempat. Karena biar dapet feel-nya, kita memutuskan buat makan di tempat.

Secara tekstur, sebenarnya mereka masih agak chewy dan seharusnya bisa dimasak sekitar 10 menit lebih lama supaya lebih lembut, tapi karena antrean panjang, kayaknya mereka lebih buru-buru untuk menyajikan. Rasa saosnya ini lumayan spicy, lho! Tanpa kehilangan sentuhan rasa manis dan asam khas Korea.

8. Paberik Mie

Meski tulisannya sejak 1938 tapi gak pernah tau haha

Maafkan diriku yang tak mampu menahan diri kalau liat antrean! Hahaha... dan ternyata itu mi ayam dong! Semakin enggak tahan! Ternyata di sini minya beda banget, namanya juga masih baru, Paberik Mie.

Sesuai dengan namanya, mereka membuat sendiri minya, dan dibuat hanya dengan tepung, air, dan telur. Tanpa tambahan air abu, sehingga pas dimakan akan terasa lebih clean dan pastinya lebih sehat! Kalian bisa lihat proses pembuatan minya, nih. Mie di sini disajikan dengan daging ayam cincang, bakso, dan juga ceker ayam. MANTAP!

Mie ini dibuat segar setiap saat
Bakso Sapi
Mie Ayam Bakso (IDR 20K)

Sedih sih sebenarnya karena cekernya keburu habis, tapi baiklah, is okay. Begitu aku coba Mie Ayam Bakso seharga Rp 20.000 ini, rasa minya lembut banget dan teksturnya masih dapet! Bumbunya juga enak, ayamnya manis gurih, baksonya kenyal!

Apalagi dimakan pakai sambal 'gledek' yang pedas dan spesial banget. Terus ya, kalian bisa ambil kerupuk sesuka kalian! Kerupuknya ini kerasa garlic gitu, seriusan deh, ini mi enak banget! I wish mereka bakal buka store segera di luar PRJ!

9. Pucuk Coolinary Festival

The main gate

Selain Pasar Malam, salah satu pusat kuliner di PRJ juga disponsori oleh Teh Pucuk Harum yang bertajuk, Pucuk Coolinary Festival! Areanya jauh lebih besar dibanding Pasar Malam, tapi secara tenant, jujur enggak semenarik itu.

Hanya beberapa saja sih yang lumayan menarik, seperti cumi bakar dan goreng ala Taiwan. Nah, ini tuh rasanya enak banget, cuminya segar dan kenyal terus cita rasanya manis, gurih, dan pedas! Kalian bisa juga pilih yang goreng jika lebih suka tekstur crispy daripada kenyal.

Kambing Bakar
BAGOJA

Oh iya, ada menu mewah Kambing Guling juga di sini. Buat yang pengin cemil-cemil bareng teman, Bagoja (Bakso Goreng Gajah) mungkin salah satu opsi terbaik kalian! Kenapa namanya Bakso Goreng Gajah? Karena ukurannya itu gede banget!

Taiwan XL Squid
Es Goyang

Buat para pencinta durian, kalian bisa menemukan stand durian yang mantap! Kalau mau yang diolah jadi ice cream atau pancake juga bisa, lho! Tapi, kalau kalian memang pesan makan es biar segar, daripada es duren mending beli es goyang! Ini juga menarik banget, salah satu khas Jakarta. Jadi cara buat esnya masih tradisional dengan digoyang sampai beku! Pilihan rasanya juga banyak, namun kesukaanku ya Ketan Item! Rasanya paling legend gitu.

10. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Warga Jakarta belum pernah makan dodol Betawi? Kalian harus terima kasih sama PRJ! Karena membawa tenant dodol Betawi ini, sehingga kalian bisa menikmati betapa enaknya dodol Betawi ini, biasanya cuma tau dodol Garut kan? Haha...

Dodol Rasa Durian
Dodol Special

Kalian biasanya cuma bisa melihat pembuatan ini di kampung budaya Betawi, namun di sini kalian bisa lihat langsung dan bisa cobain juga! Kalau memang suka, jangan lupa dibeli ya! Kalau kalian dari luar kota, bisa banget nih buat oleh-oleh nanti saat balik ke kota kalian!

11. American Donat

Wajib Beli!

LEGEND! Kita mengawali perjalanan kuliner di PRJ dengan makanan legend, dan mengakhiri juga dengan hidangan legend, yaitu American Donat! Mereka ini mungkin salah satu penjual donat tertua di Indonesia deh. Rasa donat mereka dari dulu ya selalu sama, engak pakai biang, sehingga lebih padat.

Enggak kayak donat sekarang ini yang lembut, airy gitu dan fluffy. Kalau ini teksturnya lebih kayak kue gitu, lebih mengenyangkan, lho! Sekarang ini mereka cuma ada di PRJ deh kayaknya, jadi sayang banget kalo ke sini tapi enggak cobain!

A Box of American Donat
Cheese Waffle
Classic

Aku pesan 1 boks donat (Rp 60.000), karena opsinya banyak, kita bisa pilih sesuka kita mau apa, so I choose 2 donat, 2 muffin, dan 2 waffle! Meskipun beda nama, tapi secara tekstur kurang lebih sama kok. Waffle ini wajib banget kalian coba, ada pilihan rasa keju dan juga coklat. Kalau donat ada 4 pilihan rasa, mulai dari original (icing sugar), cokelat meses, keju dan juga kacang tanah! Old but gold!

12. Fruit Tea & Chiki

the best part of PRJ

Last but not least, personally item terakhir ini yang membuat feel PRJ itu terasa! Aku selalu beli Fruit Tea & Chiki kalo ke PRJ haha yang udah dipack gitu dengan harga IDR 10K isinya udah banyak gitu haha seru banget lah pokoknya. Bayangin aja kalian bisa beli 5 buah Fruit Tea & Teh Botol, harganya juga IDR 10K juga! Hahaha

Fruit Tea dingin!
Snack IDR 10K

I don’t know why, tapi kalo ke PRJ belom beli 2 items ini menurutku sih belum ke PRJ, kalian gitu juga gak? Haha

So, guys! Itulah tadi beberapa spot kuliner seru yang ada di Pekan Raya Jakarta 2019!! Bagaimana? Menarik semua, bukan? List di atas bukan berdasarkan enak tidaknya ya, itu sekadar referensi kuliner buat kalian aja dan kembali ke selera kalian masing-masing! Semoga selera kita sama ya, kumparan readers! Stay Healthy, Stay Hungry!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60