kumparan
30 Apr 2019 19:18 WIB

Asyiknya Menjelajahi Singapura Layaknya Masyarakat Lokal!

Menjelajahi Singapura memang tidak pernah terasa membosankan, bahkan meski kamu sudah mengunjungi negara ini sebelumnya. Ada begitu banyak tempat menarik di Singapura, yang mungkin akan membuat kamu bingung menentukan lokasi-lokasi terbaik yang perlu dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Namun seringkali seorang traveler akhirnya terjebak dengan berbagai kebiasaan yang sering dilakukan oleh turis; naik taksi ke destinasi tujuan, makan di fastfood, hingga mengunjungi obyek wisata mainstream.
Tidak mau ambil pusing, mungkin itulah alasan mengapa para traveler seringkali mengambil jalan pintas dengan berperilaku ala turis. Padahal, selain tempat-tempat wisata yang sudah terkenal, ada banyak hal di Singapura yang menarik untuk kamu lihat dan rasakan langsung. Satu-satunya cara untuk bisa menikmatinya adalah dengan melakukan perjalanan di Singapura seperti masyarakat lokal.
Nah, pada momen libur lebaran 2018 lalu, saya sempat berkunjung ke Singapura dan mencoba menikmati Singapura selayaknya masyarakat lokal di sana. Dengan bantuan dari tiket.com, saya bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari CGK-SIN. Ya, walaupun tidak murah-murah amat karena high season. Tapi beruntungkanya, saya masih mendapatkan tiket untuk mewujudkan liburan ke Singapura di masa lebaran.
Ingin tahu apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menikmati serunya menjelajahi dan berlibur di Negeri Singa ini selayaknya seorang Singaporean?
ADVERTISEMENT
Jangan pernah lelah berjalan kaki
Masyarakat lokal Singapura terkenal sebagai masyarakat yang gemar berjalan kaki untuk sampai ke tempat tujuan. Biasanya, sebelum menaiki kendaraan umum, mereka akan berjalan baik menuju halte bus ataupun stasiun MRT. Beberapa tempat wisata di Singapura pun mengharuskan traveler untuk kuat berjalan kaki.
Tidak perlu khawatir akan ada motor yang membunyikan klakson ketika berjalan kaki di trotoar. Di Singapura, jalur pedestrian sangat ramah bagi pejalan kaki. Maka dari itu, persiapkan dirimu untuk banyak berjalan kaki selama liburan di Singapura. Pengalaman yang saya rasakan, kamu bahkan bisa berjalan lebih dari 20.000 langkah setiap harinya.
Gunakan berbagai transportasi publik
Harga kendaraan pribadi yang cukup mahal membuat masyarakat Singapura lebih suka naik kendaraan umum untuk sampai ke tempat tujuan. Mahalnya harga kendaraan pribadi pun turut membuat ongkos taksi di negara ini cukup mahal. Lalu bagaimana solusi agar para traveler tetap bisa mengeksplorasi Singapura dengan maksimal?
ADVERTISEMENT
Tenang saja, Singapura memiliki sistem transportasi publik yang sangat baik. Kamu bisa memilih berbagai opsi transportasi seperti MRT (Mass Rapid Transit), bus, hingga sharing bicycle yang dapat kamu akses melalui aplikasi seperti ofo dan juga Mobike. Jadi, daripada membuang uang untuk naik taksi, lebih baik manfaatkan berbagai transportasi umum layaknya masyarakat lokal Singapura.
Nikmati ruang terbuka hijau di Singapura
Singapura merupakan salah satu negara yang benar-benar memperhatikan tata kotanya. Salah satu aspek penting yang tidak luput dari perhatian adalah keberadaan ruang terbuka hijau bagi masyarakatnya. Jadi jangan heran, jika di tengah perjalanan kamu bisa menemukan ruang terbuka hijau yang lazim digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.
Negeri Singa ini memang memiliki banyak ruang terbuka hijau, contohnya Fort Canning Park yang terletak di area Jubilee Walk, Singapore Botanical Garden yang juga menjadi salah satu objek wisata menarik untuk kembali ke alam, East Coast Park, dan masih banyak lagi ruang terbuka hijau yang bisa kamu eksplor sebagai opsi berlibur dan menikmati udara Singapura.
ADVERTISEMENT
Lupakan restoran fastfood, makan di hawker center
Ketika berkunjung ke Singapura, lupakan sejenak fastfood. Walaupun terbilang sangat praktis dan paling mudah dicari, tapi apa gunanya traveling kalau tidak merasakan cita rasa lokal negara tujuan. Singapura merupakan sebuah negara yang dihuni oleh empat etnis yang berbeda, yakni Melayu, China, India, dan Eurasia. Berkat percampuran etnis tersebut, sudah pasti Singapura menyimpan kekayaan kuliner yang luar biasa.
Lalu, bagaimana caranya menikmati lezatnya hidangan autentik Singapura? Mudah sekali, kamu cukup datang ke hawker, semacam food court yang menyediakan berbagai menu nan menggugah selera. Salah satu yang menjadi favorit saya adalah Lau Pat Sa, salah satu hawker yang terletak di kawasan CBD Singapura, dan Newton Food Center, hawker yang hadir dalam film Crazy Rich Asians.
ADVERTISEMENT
#tiketWonderfulIndonesia
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan