Mahasiswa UNTAG Surabaya KKN : Mengembangkan UMKM Kripik Gothe di Trenggalek

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Konten dari Pengguna
29 Juni 2022 18:36
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Firma Lisa Anggraini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mahasiswa UNTAG Surabaya membantu UMKM Kripik Gothe dalam pemasaran digital marketing
zoom-in-whitePerbesar
Mahasiswa UNTAG Surabaya membantu UMKM Kripik Gothe dalam pemasaran digital marketing
ADVERTISEMENT
Trenggalek, 29 Juni 2022 - Di zaman yang serba canggih ini, kemajuan Ilmu Pendidikan dan Teknologi (IPTEK) begitu berarti, hal ini dikarenakan dalam pemanfaaatnya dipercaya memberi dampak positif dan kesempatan buat para pelaku UMKM untuk mengembangkan UMKM miliknya. Oleh karena itu, dalam rangka pengembangan (UMKM), diperlukan usaha dan langkah kongkrit untuk membantu para pelaku UMKM agar dapat menggali kemampuan dan kreativitas usahanya guna memenuhi kebutuhan ekonominya saat ini dengan memanfaatkan media sosial (Achmad Chanafi, A. C., 2020).
ADVERTISEMENT
Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Firma Lisa Anggraini mahasiswi program studi Administrasi Negara Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di bawah bimbingan bapak Lukman Hakim, S.Fil., M.Phil selaku Dosen Pembimbing Lapangan ingin melakukan dan membantu UMKM khususnya Bu Ani Farida sebagai mitra UMKM Kripik Gothe dalam kegiatan KKN guna mengembangkan UMKM nya di tengah teknologi modern dalam bidang pemasaran melalui digital marketing.
Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan ini adalah dengan cara memberikan informasi edukasi kepada mitra UMKM Kripik Gothe tentang pentingnya pemasaran di Media Digital guna meningkatkan daya jual dan pendapatannya. Dalam penerapanya yaitu pertama melakukan pengembangan terlebih dahulu akan produk yang sudah diproduksi oleh mitra. Mengembangkan suatu bentuk usaha, melakukan pemasaran dan suatu mitra usaha dan juga memperbaiki suatu situasi ekonomi yang harusnya bisa lebih baik dalam mendukung masyarakat agar lebih bisa menghadapi saingan ekonomi di era pasar modern. Lalu setelah itu, memberikan pengarahan, membuatkan dan membantu mitra dalam penggunaan Digital Marketing. Disini saya menggunakan akun media sosial Instagram yaitu cara yang dirasa efektif dalam pemasaran produk yang diproduksi. Hal ini bisa meminimalisir pengeluaran untuk dana promosi, media sosial sendiri dipercaya punya cakupan sangat luas dan tentunyan sebagai cara yang mudah diakses jika dibandingkan dengan kegiatan promosi seperti biasanya. (Ahmed & Zahid, 2014).
ADVERTISEMENT
Melalui program kegiatan praktek lapangan KKN ini bisa digunakan dalam mengembangkan UMKM Keripik Gothe di Rt.21/ Rw.07 Ngantru, Trenggalek melalui inovasi pembaharuan produk yang telah diproduksi menjadi sebuah produk yang lebih menarik minat konsumen. Selain itu, dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa membantu meningkatkan usaha mitra menjadi lebih berkembang dan juga memberikan informasi edukasi tentang pentingnya pemasaran melalui digital marketing kepada mitra dan khususnya kepada masyarakat.
#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#EcoCampus
#KampusKompeten