Membangun Brand Awareness melalui Aplikasi Tik Tok

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2020.
Konten dari Pengguna
26 Oktober 2021 14:33
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Firnanda Kasih Mulia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perkembangan teknologi akhir-akhir ini menjadi sangat luas. Hal ini didorong oleh adanya perkembangan internet dan aplikasi yang banyak diciptakan. Salah satunya adalah Tik tok. Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi Tik tok? Hampir semua orang di dunia mengenal aplikasi ini bahkan mungkin salah satu dari kalian menjadi penggunanya.
Membangun Brand Awareness melalui Aplikasi Tik Tok (182494)
searchPerbesar
sumber gambar : https://pixabay.com/images/id-5390055/
Tik tok merupakan platform media sosial yang berisikan kumpulan video berdurasi paling lama 3 menit. Tik tok berdiri pada tahun 2016, namun pada saat itu keberadaan Tik tok ditentang oleh hampir semua kalangan, mereka beranggapan bahwa seseorang yang menggunakan aplikasi tersebut terbilang 'alay' atau 'joget joget tidak jelas'. Namun, Tik tok terus melakukan perkembangan dari hari ke hari melalui fitur yang semakin berkembang, yang pada akhirnya Tik tok menjadi booming ditahun 2020 saat awal pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Seperti yang kita ketahui, efek dari adanya pandemi COVID-19 ini sangat besar bagi hampir seluruh orang, terutama para pekerja dan anak sekolah. Dengan adanya Tik tok, mereka memanfaatkan platform ini sebagai media penghibur dikala stres dalam menghadapi tugas. Selain sebagai platform hiburan, akhir-akhir ini banyak dari pengguna menggunakan aplikasi Tik tok sebagai media untuk mencari informasi ataupun tips dalam mengerjakan sesuatu.
Bukan hanya itu, melalui Tik tok, kita bisa melakukan promosi bisnis melalui fitur Tik tok shop. Melalui fitur ini, kita bisa membangun brand awareness produk yang sedang kita pasarkan. Karena pembeli dapat dengan mudah mengakses apa yang sedang kita promosikan hanya dengan cara meng-klik gambar keranjang berwarna kuning pada salah satu video yang sedang kita posting di akun tersebut.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa tips melakukan promosi melalui Tik tok:
1. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas
Konten yang menarik dan berkualitas sangat berpengaruh mengantarkan video kita menjadi viral. Melalui konten yang berkualitas, calon customer akan merasa tertarik dengan isi konten yang kita buat.
2. Gunakan hashtag yang sedang trending
Seperti yang kita ketahui, hashtag berpengaruh jika digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Hal ini terjadi karena biasanya orang mencari kata kunci suatu barang dengan cara melihat hashtag yang sesuai dengan produk yang mereka cari. Selain itu, penting juga menggunakan hashtag yang sedang trending. Karena melalui hashtag ini konten yang sedang kita buat bisa dengan mudah masuk ke dalam FYP (For Your Page) orang lain. Sehingga hal ini bisa menjadi peluang untuk orang lain mengetahui apa yang sedang kita promosikan.
ADVERTISEMENT
3. Gunakan lagu yang sedang viral
Penggunaan lagu juga berpengaruh dalam hal pembuatan konten. Karena kebanyakan dari video yang muncul di FYP (For Your Page) kita menggunakan lagu yang sedang banyak digunakan oleh akun lain juga. Sehingga, kemungkinan besar jika kita menggunakan strategi seperti itu maka konten yang kita buat lebih mudah masuk ke FYP (For Your Page) orang lain.
4. Sertakan informasi produk yang jelas
Penting juga menjelaskan informasi mengenai produk yang sedang kita promosikan. Hal ini menjadi salah satu peluang agar dengan mudah calon customer tertarik dengan produk yang sedang kita pasarkan.
5. Lakukan kerja sama dengan influencer
Selain dengan cara promosi menggunakan akun pribadi, kita juga bisa memanfaatkan peluang untuk melakukan kerja sama dengan influencer ternama di Tik tok. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan brand awareness karena kebanyakan dari pengguna membeli suatu produk setelah mereka melihat influencer yang disukai me-review produk tersebut atau dalam istilah gaulnya ‘teracuni’.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam membangun brand awareness melalui aplikasi Tik tok. Apakah anda tertarik melakukannya?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020