Buzz
·
15 April 2021 10:20

Persepsi Keliru Mengenai Diet, Tidak Seribet yang Kamu Bayangkan

Konten ini diproduksi oleh Fitrati Syarah Arumsari
Persepsi Keliru Mengenai Diet, Tidak Seribet yang Kamu Bayangkan (6163)
Makanan sehat. Foto oleh Ella Olsson dari Pexels
Lihat foto di atas? Dalam pikiranmu pasti terbesit jenis makanan yang ada dalam gambar merupakan gambaran pola makan yang harus dimakan oleh mereka yang sedang diet.
ADVERTISEMENT
Eits nanti dulu, memang apa sih yang muncul dalam benak ketika kamu membaca dan mendengar kata diet? Orang yang wajib makan makanan asing ala barat dengan harga selangit? Orang yang dilarang makan nasi dan mi instan seumur hidupnya? Orang yang hanya makan dedaunan sebagai menu sehari-hari?
Sudah tau nih, di antara pilihan di atas, pasti ada yang memiliki pikiran seperti yang sudah ditanyakan.Well, sebagai salah satu manusia yang pernah memiliki bobot badan berlebih dan telah berhasil menurunkan berat badan puluhan kilo, saya dapat dengan percaya diri menjawab bahwa semua anggapan di atas kurang tepat!
Setelah "berguru" dari banyak top healthy influencers yang memiliki kredibilitas, saya dapat menyimpulkan bahwa diet merupakan cara seorang manusia mengatur pola makan sesuai dengan nilai gizi yang mengacu pada goal yang ingin diraih, entah mau menurunkan berat badan, menjaga berat badan atau juga ingin menaikkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Nah jadi diet itu cara kamu untuk mengelola asupan makanan yang masuk ke tubuh. Kalo kamu ingin diet untuk menurunkan berat badan, jangan mau ketipu sama tips-tips diet di luar sana yang mengharuskan kamu makan telur rebus saja setiap hari, seharian ngga makan atau yang mewajibkan kamu makan oatmeal dan dedaunan hijau saja. Aduh, hari gini rugi deh ya kalo pernah sampe ketipu ketika kamu tetap bisa ngemil keripik singkong walau sedang menurunkan berat badan.
Makanan diet juga tidak mahal dan ribet, kamu makan nasi pake tempe atau tahu lalu ditambah dengan sayur capcay juga merupakan pola makan sehat yang telah memenuhi nilai gizi harian. Ada karbohidrat dari nasi, protein dari tempe atau tahu dan serat serta vitamin berharga lain dari berbagai jenis sayur di dalam capcay tadi. Tapi inget, cara mengolah makanan juga sangat penting, kalau bisa tempe atau tahunya jangan digoreng dengan minyak banyak apalagi dengan minyak yang telah berwarna hitam. Kalo itu sih namanya lagi cari penyakit!
ADVERTISEMENT
Nah lo, kalo gitu berarti makan tempe dan tahu goreng ngga boleh? Eh boleh dong, asal tidak dimakan keseringan. Apa pun boleh dimakan, asal intensitasnya dibatasi. Kalo perlu, kamu modal nih buat menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Contohnya beli alat yang mendukung pola hidup sehatmu seperti air fryer yang sedang sangat kekinian.
Katanya diet itu ga harus mahal? Air fryerkan harganya lumayan, sayang ah! Nah dari pada kamu beli barang lain yang kurang berfaedah, mending uangnya dibelikan alat yang bisa menjadi investasi kesehatanmu seumur hidup.
Kalo kamu bisa nahan buat ga beli gadget terbaru yang memang tidak urgent dibeli, kamu bisa beli air fryer agar bisa menggoreng tanpa minyak. Sama deh kaya kamu yang lebih rela uangmu dipakai untuk beli boba atau kopi kekinian. Padahal dengan budget yang sama, kamu bisa membeli susu kedelai satu liter yang merupakan alternatif susu yang lebih sehat dari susu sapi dan tentu dengan rasa yang jauh lebih enak. Ditambah lagi satu liter si susu kedelai ini bisa diminum selama satu minggu, tidak seperti minuman manis lain yang hanya beberapa sedot langsung ludes!
ADVERTISEMENT
Diet itu memang harus memadukan pola pikir, konsistensi dan kedisiplinan. Yang terpenting kamu harus tau dulu apa itu diet yang sesungguhnya berdasarkan para ahli. Kamu juga wajib mengenali tubuhmu sendiri. Jangan malas untuk membaca dan belajar demi kesuksesan dietmu. Ingat, tujuan akhir diet yang sesungguhnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Makan itu untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Jadi kendalikan nafsu untuk kenikmatan sesaat demi kualitas hidup yang lebih baik. Percaya deh, menerapkan diet sehat akan berdampak besar pada setiap aspek hidupmu.
Meski belum lengkap, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai diet dan segala seluk-beluknya. Kamu bisa mengikuti diet influencers kece di instagram dan youtube seperti Yulia Baltschun, Rizal Nutrisionist, Hansboling, Diet Santuy, Shiely Venessa, dan masih banyak lagi. Inget, punya media sosial tuh dipakai untuk hal yang bermanfaat ya.
ADVERTISEMENT
Nah cukup sekian misiku untuk meluruskan persepsi diet yang seringkali disalah pahami. Untuk lebih jelasnya silakan kalian ulik sendiri. Jangan malas dan salam sehat!